Hari Pers Nasional

Ucie Sucita Sebut Artis dan Pers itu Seperti Soulmate

Sabtu, 09 Februari 2019 – 08:50 WIB
Ucie Sucita sebelum tampil dalam Gala Dinner peluncuran buku 'Jurnalisme Ramah Pariwisata' di Surabaya. Foto: Djainab Natalia Saroh/JPNN

jpnn.com, SURABAYA - Penyanyi dangdut Ucie Sucita menganggap pers adalah soulmate insan musik yang tak bisa dipisahkan.

Pelantun Dibuang Sayang ini pun merasakan peran pers terhadap karier bermusiknya di panggung dangdut.

BACA JUGA: Fitri Carlina: Pers Jangan Ikut-ikutan Menyebar Hoaks

"Tanpa pemberitaan dari pers, saya tidak akan pernah bisa menjadi seperti sekarang," kata Ucie Sucita saat usai mengisi acara Gala Dinner peluncuran buku Jurnalisme Ramah Pariwisata di Hotel JW Marriot Surabaya, Jawa Timur, baru-baru ini.

Baca juga: Gebyar Pesona HPN 2019 Hadirkan Pentas Musik Lintas Genre

BACA JUGA: Menpar Beber Capaian Pariwisata Indonesia di HPN 2019

Ucie mengatakan, pers Indonesia saat ini sedang mengalami tantangan berat dengan hadirnya media sosial yang lebih cepat dan populer.  Meski dalam beberapa hal media sosial banyak kelemahan, tetapi hai itu telah menggerus keberadaan media-media secara umum.


Penampilan Ucie Sucita saat Gala Dinner peluncuran buka 'Jurnalisme Ramah Pariwisata' di Surabaya.

BACA JUGA: Menpar: Media Berperan Penting Mengenalkan Pariwisata Lokal

“Masyarakat saat ini juga sudah enggak bisa membedakan produk media sosial dan produk pers, sehingga masyakarat lebih banyak mengonsumsi media sosial untuk mendapatkan informasi,” kata Ucie.

Baca juga: RUU Permusikan Tuai Pro-Kontra, Ucie Sucita Beri Saran Ini

“Imbasnya tentu saja berdampak pada kelangsungan hidup media pers, karena secara tidak langsung juga memengaruhi pemasukan iklan. Apalagi di media sosial orang juga bisa memasang iklan, dan ini yang menjadi tantangan berat bagi media pers,” sambung Ucie.

Lanjut Ucie, masalah yang dihadapi pers saat ini sama halnya dengan penyanyi. “Karena produk musik zaman now juga udah bisa dinikmati di berbagai platform media digital tanpa harus mengeluarkan uang ekstra. Ini tentu semakin menantang bagi pekerja seni, terutama saya sebagai penyanyi,” ungkap Ucie.

Penyanyi asal Sumedang ini pun berharap agar insan pers mampu melewati masa-masa perubahaan seiring semakin canggihnya teknologi.

“Agar bisa tetap menjadi sumber informasi utama yang terpercaya dan selalu mendapatkan hati di masyarakat,” jelasnya.

Dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019, Ucie juga ikut ambil bagian. Dia unjuk penampilan dalam peluncuran buku Jurnalisme Ramah Pariwisata.

Selain itu, dia juga akan meramaikan konser Gebyar Pesona HPN 2019 yang digelar di Lapangan Lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya, pada hari ini, Sabtu (9/2).

Tak sendiri, ada Padi Reborn dan Rizky Febian ikut memeriahkan gelaran yang diinisiasi oleh Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), organisasi pengelola media siber seluruh Indonesia. (mg7/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... SMSI dan Kemenpar Luncurkan Buku Jurnalisme Ramah Pariwisata


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler