UI Peringkat Enam Asia Tenggara

Senin, 17 Mei 2010 – 06:55 WIB

DEPOK - Pada semester pertama 2010, Universitas Indonesia (UI) mengharumkan nama bangsaKampus jaket kuning tersebut masuk dalam jajaran elit enam besar universitas di Asia Tenggara (Asteng)

BACA JUGA: Peluang Kerja Lulusan SMK Nautica Lebih Luas

UI juga berhasil menempati peringkat 50 perguruan tinggi terbaik di Asia.

"Peringkat ini berdasarkan penilaian yang dikeluarkan Asian University Rankings-QS.com terhadap 200 perguruan tinggi di Asia pada  13 Mei 2010," kata Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono, di Depok, kemarin (16/5).

Menurut dia, sebagai universitas terbaik di negeri ini, UI menggungguli beberapa perguruan tinggi terkemuka di Asia
Seperti National Taiwan University of Science and Technology (peringkat 56), University Kebangsaan Malaysia (58), dan Tokyo Metropolitan University (64).

Selain UI, Indonesia patut berbangga karena lima perguruan tinggi terbaiknya juga masuk dalam kriteria penilaian

BACA JUGA: Kemdiknas Gelar Lomba Khusus Animasi Nasional

Antara lain, Universitas Gadjah Mada (UGM) menduduki peringkat 85, Unair pada rangking 109, ITB pada peringkat 113, dan IPB pada peringkat 119.

Vishnu menyebutkan, penilaian peringkat perguruan tinggi ini berdasarkan empat kriteria utama
Yakni research quality (kualitas penelitian), teaching quality (kualitas pengajaran), graduate employability (tingkat pekerjaan lulusan), dan internasionalisasi.

Untuk ranking per subjek, kata Vishnu, hasil yang diperoleh UI adalah sebagai berikut

BACA JUGA: DKI Jakarta Boyong Piala Bergilir LKS SMK XVIII

Untuk bidang humaniora dan seni ada di peringkat 18, sains dan biomedis (27), natural sciences (44), social sciences (23), IT dan engineering (50)"Ini adalah buah kerja keras seluruh civitas akademika UI," singkat dia.

Dia mengatakan, pencapaian standar internasional ini didukung pula dengan sejumlah prestasi yang diukir mahasiswa UI di ajang InternasionalDiantaranya adalah mahasiswa FKG UI yang menjadi juara I Scientific Research Competition dalam The Asia Pacific Dental Students Association (APDSA)Mahasiswa FH UI berhasil menjadi 1st Runner Up International Maritime Law Arbitration Moot di BrisbaneSelain itu, UI juga meraih sertifikasi International Organizations for Standarization (ISO) 9001:2008 untuk sistem manajemen mutu (QSM).

"Ini sesuai dengan visi UI untuk menjadi universitas riset kelas dunia, secara akademik UI terus meningkatkan kualitasnya dalam bidang riset dan pengajaran," terangnyaSelama 2009, civitas akademika UI telah menghasilkan 1.005 riset dan sebanyak 10.050 telah dipublikasikan dalam jurnal bertaraf Regional dan Internasional.Hasil ini menempatkan UI bertahan pada posisi yang sama seperti tahun lalu yaitu peringkat 50 di Asia"UI terus berbenah diri untuk meningkatkan kualitas akademik dan non akademik yang dimilikinya sebagai Universitas Riset Kelas Dunia," pungkasnya(zul/agm)

BACA ARTIKEL LAINNYA... SMK di Papua Sulit Ikuti Perkembangan Otomotif


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler