Uji Klinis Tahap Pertama Vaksin Merah Putih akan Diikuti 90 Sukarelawan

Rektor Unair Berterima Kasih kepada Panglima TNI 

Selasa, 08 Februari 2022 – 01:30 WIB
Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih. Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Uji klinis tahap pertama Vaksin Merah Putih akan dilakukan pada 9 Februari 2022 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo Surabaya. 

Sebanyak 90 sukarelawan siap mengikuti uji klinis Vaksin Merah Putih tersebut. 

BACA JUGA: BRIN: Vaksin Merah Putih Siap-Siap Masuk Uji Klinik

Para sukarelawan itu berusia minimal 18 tahun. 

"Uji klinis tahap awal sudah siap, termasuk jadwal dan sukarelawannya. Berikutnya, tahap dua dan tiga dijadwalkan kemudian," ujar Rektor Universitas Airlangga Surabaya Prof  Mohammad Nasih ketika dikonfirmasi wartawan di Surabaya, Senin (7/2).

BACA JUGA: Menko PMK Dorong Percepatan Produksi Vaksin Merah Putih

Menurut dia, kebutuhan sukarelawan uji klinis tahap 1 dan 2 Vaksin Merah Putih sangat banyak sehingga pihaknya mengerahkan semua kekuatan.

Nasih menambahkan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat berkunjung ke Unair, Jumat (4/2),  menawarkan bantuan untuk mencarikan 5.000 sukarelawan untuk uji klinis tahap 1 dan 2 Vaksin Merah Putih. 

BACA JUGA: Jumlah Penolak Vaksin Lebih Banyak dari Polisi, Ibu Kota Terancam Lumpuh

Oleh karena itu, pihaknya pun berterima kasih kepada Jenderal Andika yang berkomitmen untuk membantu, mengingat tidak mudah mencari 5.000 sukarelawan. 

“Kalau dilakukan sendiri mungkin bisa dapat 1.000 atau 2.000 orang, tetapi yang 3.000 sukarelawan pasti kurang karena harus yang belum divaksin sama sekali, sehingga ini adalah kesempatan," tambah guru besar Unair Surabaya, itu.

Lebih lanjut Nasih menjelaskan tahapan uji klinis dilakukan dengan paralel setiap dua pekan sekali. 

Selanjutnya, hasil uji klinis akan diserahkan kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk dilihat aman atau tidaknya. 

"Kalau itu hasilnya aman dan BPOM mengizinkan, selanjutnya akan dilakukan uji klinis untuk tahap tiga," kata dia.

Pihaknya optimistis hasil uji klinis Vaksin Merah Putih aman sehingga pada Maret 2022 dapat dilakukan uji klinis tahap tiga. 

“Semua sangat tergantung hasil di tahap 1 dan 2, tetapi insyaallah bagus," tuturnya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap pelaksanaan uji klinis tahap pertama Vaksin Merah Putih inovasi Unair Surabaya bersama tim dari RSUD Dr. Soetomo berjalan lancar. "Semoga sesuai dengan target yang diharapkan," kata Khofifah. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler