Ujian Terakhir 135 Menit

Jumat, 04 Juni 2010 – 13:39 WIB
Frank Lampard (kiri) dan Keisuke Honda, dalam laga ujicoba Inggris kontra Jepang, Minggu (30/5) lalu. Foto: Getty Images/FIFA.com.

SION - Jepang selalu menelan kekalahan dalam tiga ujicoba terakhir jelang PD 2010Namun, bisa dilihat bahwa grafik penampilan Keisuke Honda dkk sebenarnya semakin membaik

BACA JUGA: Menang Tanpa Keringat

Terakhir, hanya faktor mental yang membuat mereka menyerah kepada favorit juara Inggris, dengan skor tipis 1-2.

Nanti malam, Jepang bakal kembali menggelar ujicoba, yakni melawan raksasa Afrika, Pantai Gading
Buat Jepang, ini adalah ujicoba pamungkas sebelum berangkat ke Afsel

BACA JUGA: Ajang Pembuktian bagi Matador

Pelatih Takeshi Okada berencana menjadikannya sebagai persiapan khusus, jelang laga pembuka melawan Kamerun, 14 Juni mendatang
Dia pun meminta babak tambahan 45 menit.

"Saya ingin memberi semua pemain kesempatan untuk merasakan atmosfer pertandingan

BACA JUGA: Walcott Gagal ke Piala Dunia

Karena itu, saya minta satu babak tambahan berdurasi 45 menit kepada Pantai Gading, dan mereka setuju," papar Okada, sebagaimana dilansir Reuters.

"Teknisnya, setelah kedua tim menuntaskan 90 menit waktu normal, kami akan memainkan babak tambahanKami sama-sama menurunkan pemain cadanganBuat kami, ini pemanasan yang sempurna sebelum berhadapan dengan tim Afrika lainnya (Kamerun) di fase grup PD," papar pelatih berusia 53 tahun tersebut.

Menurut Okada, dia akan menurunkan pemain yang sama seperti saat melawan InggrisJika kembali menunjukkan permainan yang memuaskan, skuad tersebut sudah pasti menjadi tim inti Samurai Biru - sebutan Jepang - di AfselHanya satu perubahan yang direncanakan Okada, yakni memasang gelandang senior Shunsuke Nakamura sejak awalEks-bintang Celtic itu absen saat timnya dibekuk Inggris, lantaran belum sembuh benar dari cedera engkel.

Di laga ini, Nakamura bakal mengisi posisi sebagai gelandang sayap kiriDia harus menyerahkan tempat regulernya, sayap kanan, kepada Honda, yang makin moncer bersama CSKA MoskowNamun, gelandang berusia 31 tahun itu siap dimainkan di mana saja.

"Saya tidak peduli dipasang di manaApakah itu sayap kanan, kiri, atau di tengahSaya bahkan tidak peduli apakah saya masuk tim inti atau tidakYang penting Jepang menang," ungkap Nakamura kepada Daily Sports"Main di kiri juga ada bagusnyaSaya lebih mudah mengirim umpan-umpan silang," tambahnya.

Di sisi lain, kubu Pantai Gading lebih rileks menyongsong laga iniMeski sempat ditahan imbang Paraguay 2-2 pekan lalu, pelatih Sven Goran Eriksson menyatakan bahwa permainan timnya sudah memuaskanLaga melawan Jepang ini hanya menjadi sarana menguji soliditas dan kerjasama tim.

"Satu-satunya pekerjaan rumah adalah organisasi permainanBeberapa hari terakhir ini kami bekerja keras membenahinya," tutur Eriksson, seperti dikutip situs resmi federasi sepakbola Pantai Gading (FIF)"Secara teknis, semua sudah okeTinggal positioning di lapanganLebih pada strategi dan apa yang yang harus dilakukan pemain ketika sedang dalam posisi menyerang dan bertahan," imbuhnya(na)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Adidas Tangkal Kritik Jabulani


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler