Ajang Pembuktian bagi Matador

Kamis, 03 Juni 2010 – 12:17 WIB
BUKTI - Fernando Torres (berompi) berlari bersama rekan-rekannya, dalam salah satu sesi latihan timnas Spanyol di Schruns, Austria, Senin (31/5) lalu. Foto: Jasper Juinen/Getty Images/FIFA.com.
INNSBRUCK - Status Spanyol sebagai salah satu kandidat juara Piala Dunia (PD) 2010 sempat dipertanyakan pekan laluTepatnya, ketika pasukan Vicente del Bosque tersebut hanya menang tipis 3-2 atas Arab Saudi, dalam uji coba pertama, Sabtu (29/5) lalu, setelah menjalani dua pekan pemusatan latihan

BACA JUGA: Walcott Gagal ke Piala Dunia

Malam ini, David Villa dkk punya kesempatan untuk membuktikan bahwa diri mereka memang layak difavoritkan
Mereka akan meladeni tantangan sesama kontestan PD, Korea Selatan, di Tivoli Neu, Inssbruck (tayangan langsung tvOne pukul 21.50 WIB, Red).

Del Bosque mengakui, performa anak buahnya saat melawan Arab Saudi memang tidak meyakinkan

BACA JUGA: Adidas Tangkal Kritik Jabulani

Mereka sempat tertinggal 0-1, sebelum akhirnya membalikkan kedudukan jadi 2-1
Tapi kemudian Spanyol kebobolan lagi, sebelum diselamatkan oleh gol Fernando Llorente di menit terakhir pertandingan

BACA JUGA: Duka Ganda Pendekar Taeguk

Itu menunjukkan bahwa permainan La Furia Roja - sebutan Spanyol - belum konsisten.

Saat itu, Del Bosque beralasan, Villa dkk belum matang lantaran baru pertama kali main setelah dua pekan digembleng latihan intensifSetelah laga itu pun, dia langsung melakukan berbagai evaluasiPengganti Luis Aragones itu menjanjikan penampilan yang lebih solid dalam uji coba kedua ini.

"Kami sudah bekerja keras dalam beberapa hari terakhir, dan siap menghadapi Korea SelatanIni adalah satu langkah lebih maju dalam persiapan kami," ucap Del Bosque, sebagaimana dilansir USA Today"Ada beberapa pemain yang pekan lalu belum turun, akan saya mainkan besok (nanti malam, Red)," imbuhnya.

Salah satu pemain itu, menurut Del Bosque, adalah gelandang serang Cesc FabregasKapten Arsenal tersebut sudah masuk skuad uji coba lawan Arab Saudi, tapi belum sempat dimainkanKali ini, Del Bosque menjamin gelandang berusia 22 tahun itu sudah 100 persen fit dan siap diuji coba.

Satu pemain lagi yang perkembangannya menggembirakan Del Bosque, adalah Andres IniestaSebagaimana diketahui, gelandang sayap Barcelona itu baru pulih dari cedera pahaTapi, penampilannya kala melawan Arab sudah sangat memuaskan.

"Evolusi Andres (Iniesta) sangat menyenangkan dilihatDia tidak bermain selama dua bulan, tapi sudah bisa main bagusTentunya, itu mendongkrak kepercayaan diri kamiSaya optimistis dia bakal tampil lebih baik lagi di uji coba berikutnya," yakin bekas pelatih Real Madrid itu.

Di sisi lain, pelatih Korsel Huh Jung-moo tidak memasang target yang muluk-muluk dalam uji coba kali iniDi atas kertas, kekuatan para Pendekar Taeguk - sebutan Korsel - memang jauh di bawah SpanyolDia hanya mengharapkan Park Ji-sung dkk main bagus, supaya bisa mengembalikan kepercayaan diri mereka yang runtuh setelah dikalahkan tim lemah Belarusia, 0-1, dalam uji coba akhir pekan lalu (30/5).

"Spanyol, dan juga Argentina, adalah dua tim dengan susunan skuad paling tangguh saat iniSaya belum melihat bagaimana mereka bermain bersamaTapi yang jelas, secara individual, Spanyol dibekali pemain dengan kualitas dan skill yang luar biasa," puji Huh, seperti dikutip Korea Times.

Huh mengakui, Korsel tidak mungkin bermain dengan karakter aslinya yang ofensifSebab, meskipun Spanyol juga punya karakter menyerang yang kental, pertahanan mereka juga sangat solidTerlalu fokus menyerang akan membuka lubang berbahaya di sektor pertahanan, yang bakal langsung dimanfaatkan oleh David Villa dkk.

"Tidak mudah menerapkan pola permainan kami sendiri jika melawan tim sekuat mereka," kata Huh"Mungkin kami akan memfokuskan diri untuk memenangkan perebutan bola di sektor tengahItu akan menahan laju serangan merekaNah, kami akan memanfaatkan kesempatan itu untuk menyusun serangan balik," paparnya.

Di sisi lain, Huh sudah menentukan pengganti untuk defender Kwak Tae-hwi yang dipulangkan akibat cedera lututDia adalah bek Suwon Bluewings, Kang Min-sooSelain itu, Huh mencoret tiga pemain lain dari skuad resminya, yakni gelandang Ka Ja-cheol dan Shin Hyun-min, plus striker Lee Keun-ho.

"Lee Keun-ho tidak bisa meningkatkan permainannya selama di pemusatan latihanShin juga tampak tidak terlalu tajam ketika saya turunkan dalam laga melawan BelarusiaMemang disayangkan, tapi saya harus membuat pilihan," papar pelatih berusia 55 tahun itu(na)

Perkiraan Pemain
Spanyol (4-4-1-1): 1-Casillas (g), 15-Ramos, 5-Puyol, 3-Pique, 4-Marchena ; 8-Xavi, 21-Silva, 14-Alonso, 6-Iniesta ; 10-Fabregas ; 7-Villa
Pelatih: Vicente del Bosque
Korsel (4-5-1): 18-Lee Won-jae (g), 3-Cha- Du-ri, Kang Min-soo, 25-Cho Yong-hyung, 4-Kim Dong-jin ; 11-Lee Chung-yong, 30-Ki Sung-yung, 12-Kim Jae-sung, 15-Park Chu-yong, 19-Park Ji-sung ; 23-Lee Dong-gook
Pelatih: Huh Jung-moo

BACA ARTIKEL LAINNYA... Formasi Baru Bikin Ragu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler