Ultah Disiarkan di 9 Televisi, Gaya Promosi Ruang Guru Dibahas Warganet

Minggu, 19 Juli 2020 – 14:38 WIB
Logo Ruangguru. Foto: Twitter

jpnn.com, JAKARTA - Platform digital pendidikan ruangguru kembali menjadi sorotan. Aplikasi pendidikan ini bahkan mulai dibanding-bandingkan dengan kompetitornya, Zenius.

Warganet menilai promosi yang dilakukan ruangguru terlalu menghamburkan uang. 

BACA JUGA: KPK Sebut Kemitraan Ruangguru Cs di Kartu Prakerja Sarat Konflik

Seperti saat startup itu merayakan ulang tahun dengan menggelar acara yang disiarkan sembilan televisi nasional pada jam tayang prime time.

Sebaliknya, Zenius justru “menghamburkan” edukasi berupa pembagian 80 ribu video pembelajaran secara gratis.

BACA JUGA: Ada Ruangguru Milik Staf Khusus Jokowi di Kartu Prakerja, Kok Bisa?

BACA JUGA: 1,2 Juta Siswa Belajar di Rumah pakai Ruangguru, Pecah Rekor!

“Ngeliat ruangguru yang shownya ditampilin di banyak stasiun TV pas jam primetime ngebuat gua makin respect sama Zenius,” cuit Nathanael Pribady melalui akun Twitternya @NathPribady Jumat (17/07)

“Karena mereka (Zenius) mengalokasikan dana untuk menggratiskan kontennya, bukan buang puluhan atau bahkan ratusan miliar buat show yang entah apa manfaatnya,” lanjutnya.

Cuitan Nath itu langsung dibanjiri komentar netizen mencapai hampir 70 ribu penyuka (likes) dan lebih dari 16 ribu komentar dalam sekitar 12 jam.

“Dan juga konsep materinya Zenius mantep juga sih Kak. Kalau didengerin tuh kayak sopan banget masuk kuping sama otak jadi nyaman bgt sih,” sahut pemilik akun @Bakmipakjhon

“Yang menarik di RG adalah video animasinya, itu lebih cocok anak SD, smp, sih menurutku. Dan ada gamenya kalau enggak salah biar anak-anak jadi lebih semangat belajarnya. Tetapi aku lebih suka Zenius, apalagi buat yang sma, Zen membantu banget,” tulis @dimplesoobin12.

Belakangan, belajar online dengan menggunakan aplikasi seperti Zenius dan ruangguru makin diminati masyarakat di tengah pandemi Covid-19. (mg7/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler