UMB Bagikan Ribuan Paket Daging Kurban Kepada Masyarakat

Sabtu, 16 Juli 2022 – 21:38 WIB
DKM Manarul ‘Amal Universitas Mercu Buana (UMB), para dosen UMB dan pengurus Yayasan Menara Bhakti berfoto bersama sesaat sebelum pemotongan hewan kurban dan pembagian ribuan paket daging kurban kepada warga masyarakat pada Minggu (10/7/2022). Foto: Dok. Humas UMB

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Mercu Buana (UMB) melalui Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Manarul ‘Amal UMB menerima hewan kurban dan selanjutnya melaksanakan pembagian ribuan paket daging kurban kepada warga masyarakat.

Humas UMB dalam keterangan tertulis diterima JPNN.com pada Sabtu (16/7) menjelaskan DKM Manarul ‘Amal Universitas Mercu Buana menerima titipan hewan kurban sebanyak 12 ekor sapi dan 9 ekor kambing.

BACA JUGA: BPKH Menyalurkan 2.834 Hewan Kurban ke Berbagai Penjuru Negeri

Suasana pemotongan hewan kurban di Masjid Manarul ‘Amal Universitas Mercu Buana Jakarta. Foto: Humas UMB  

BACA JUGA: Guru Besar Teknik UMB: Robotika Jadi Pendukung Revolusi Industri 4.0

Setelah dilakukan pemotongan hewan, daging kurban disalurkan kepada 1.200 mustahik terdiri atas 700 masyarakat di sekitar kampus Universitas Mercu Buana Meruya dan 500 kepada tenaga kependidikan di lingkungan UMB.

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Pemasaran UMB Dr Hadri Mulya, M.Si menyampaikan kegiatan Idul kurban di Masjid Manarul ‘Amal Universitas Mercu Buana merupakan kegiatan rutin yang telah dilakukan sejak awal Universitas Mercu Buana berdiri.

BACA JUGA: Heri Budianto Apresiasi Pemprov Sumsel Mengatasi PMK pada Ternak Lewat Vaksinasi

Ketua DKM Manarul 'Amal Universitas Mercu Buana Dr. Achmad Jamil menerima hewan kurba. Foto: Humas UMB

Hadri Mulya menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan untuk melaksanakan perintah Allah SWT di dalam Al-Qur’an dan juga sebagai sarana bersilaturrahmi kepada masyarakat di lingkungan kampus Universitas Mercu Buana Meruya.

“Dengan demikian kehadiran Universitas Mercu Buana dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” ujar Dr. Hadri Mulya.

Direktur Sumber Daya UMB Dr Augustina Kurniasih menyampaikan Yayasan Menara Bhakti melalui Universitas Mercu Buana mendukung sepenuhnya kegiatan Masjid Manarul ‘Amal Universitas Mercu Buana termasuk dalam kegiatan Idul kurban.

Tahun ini, menurut Augustina, Yayasan Menara Bhakti mengirim empat ekor sapi untuk disalurkan kepada masyarakat di sekitar kampus Universitas Mercu Buana Meruya.

Ketua DKM Manarul 'Amal Universitas Mercu Buana Dr. Achmad Jamil menyampaikan seluruh kegiatan Iduladha 1443 H mulai dari kegiatan salat Iduladha, pemotongan dan penyaluran hewan kurban telah terlaksana dengan baik.

Menurut Achmad Jamil, seluruh hewan kurban telah mendapat sertifikat bebas penyakit mulut dan kulit (PMK) dari instansi terkait.

“Hewan telah diperiksa oleh Dinas Peternakan Kota Jakarta Barat, kemudian pemotongan dan pencincangan dilakukan oleh jagal profesional,” ujar Achmad Jamil.

Selanjutnya, kata Achmad jamil, daging dikemas menggunakan besek bambu untuk pengurangan sampah plastik dan mendukung dunia kampus yang Go Green.

Sunantih, 40 tahun, warga RT 04/04 Kelurahan Meruya Selatan menyampaikan terima kasih kepada Masjid Manarul ‘Amal Universitas Mercu Buana yang setiap Iduladha selalu memberikan daging kurban kepada masyarakat di sekitar kampus Universitas Mercu Buana Meruya.

Sebelum pembagian daging kurban, DKM Manarul ‘Amal UMB melaksanakan salat Iduladha dipimpin oleh imam Dr. Muhammad Kholil, MT dan Khatib Ustaz Prof. Dr. KH. Ishom Yusqi, MA.

Kegiatan Iduladha tahun ini mengangkat tema “Iduladha Sebagai Madrasah Pengurbanan”.

Khatib Prof. Dr. KH. Ishom Yusqi berpesan apa yang telah dilakukan oleh nabi Ibrahim kepada putranya nabi Ismail merupakan pelajaran tentang kepatuhan terhadap perintah Allah SWT.(fri/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler