UMK 2014 Diprediksi Naik Lima Persen

Rabu, 04 September 2013 – 05:00 WIB

jpnn.com - CILACAP- Kenaikan sejumlah barang kebutuhan akhir-akhir ini telah mendongkrak Kebutuhan Hidup Layak  (KHL) di Cilacap. Pengusaha yang ada di kota pun harus siap-siap karena tahun depan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Cilacap kota dijadwalkan sama dengan KHL.

Menurut Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Cilacap, Bambang Sriwahono, komponen KHL disurvei secara rutin.  Sampai bulan ini, KHL  Cilacap sudah mencapai kisaran Rp 1 juta. Pihaknya belum tahu apakah dalam beberapa bulan ke depan harga kebutuhan akan seperti apa.

BACA JUGA: Gangguan Trafo, Jateng-DIY Gelap Gulita

“Kita terus melakukan survei bersama  para pekerja. Survei ini yang akan menjadi dasar dalam membuat usulan UMK kepada dewan pengupahan. Yang pasti tahun depan UMK Cilacap akan naik,” ujarnya. Dia menandaskan, UMK Cilacap tahun depan diperkirakaan mengalami kenaikan antara 5-10 persen.

Kenaikan ini dari awal telah dikabarkan kepada para pengusaha. Pihaknya berharap situasi perekonomian di tanah air segera membaik. Kabupaten Cilacap sendiri telah membuat kesepakatan terkait UMK.

BACA JUGA: Hanya Empat Kabupaten/Kota Terima CPNS Jalur Umum

Salah satunya  UMK Cilacap kota di tahun 2014 direncanakan sama dengan KHL. Jika mengacu pada kondisi ini maka kemungkinan besarUMK Cilacap untuk wilayah kota sudah berada di atas Rp 1 juta.

Menurut dia,  UMK sama dengan KHL untuk wilayah kota ini sudah merupakan kesepahaman antara pengusaha dan pekerja. Dia  situasi perekonomian sekarang ini terkendali dan terus membaik, sehingga pengusaha mampu mewujudkannya. Namun jika situasi berubah drastis, tentu harus dilakukan pembicaraaan demi pekerja dan juga kelangsungan usaha. (amu/din)

BACA JUGA: Kawal Pilgub Riau, JE-MM Siapkan Dua Saksi Tiap TPS

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pasca Ditabrak Pontonn, Retak Jembatan Bertambah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler