Ungguli Ratusan Perusahaan di ASEAN, Pertamina Raih Enterprise Innovation Awards 2024

Rabu, 07 Agustus 2024 – 17:35 WIB
SVP Integrated Enterprise Data and Command Center Pertamina Sigit Pratopo mewakili Pertamina menerima 2024 ASEAN Enterprise Innovation Award Indonesia saat acara AIBP Conference and Exhibition yang diselenggarakan di Ballroom Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (6/8). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) berhasil meraih Enterprise Innovation Awards 2024 yang diselenggarakan ASEAN Innovation Business Platform (AIBP).

Penghargaan ini diterima Senior Vice President Integrated Enterprise Data Command center (IEDCC) Ignatius Sigit Pratopo pada penyelenggaraan AIBP Conference & Exhibition di The Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (6/8).

BACA JUGA: Mantap! Pertamina Kokoh Berdiri di Peringkat 165 Fortune 500 Global

Senior Vice President Integrated Enterprise Data Command center (IEDCC) Ignatius Sigit Pratopo mengungkap penghargaan ini sebagai apresiasi atas inovasi yang dijalankan perusahaan dalam digitalisasi distribusi energi ke seluruh pelosok negeri.

“Pertamina berhasil menjalankan digitalisasi SPBU yang dampaknya sangat besar bagi Indonesia. Pertamina mendapat penghargaan kategori Data dan Artificial Intelligence (AI),” kata Sigit dalam keterangan yang diterima, Rabu (7/8).

BACA JUGA: Pertamina Patra Niaga Dukung Penuh PSN Pengolahan Bauksit jadi Alumina

Dia menyampaikan setiap hari Pertamina mengolah sekitar 15 juta data transaksi BBM subsidi dengan didukung AI sehingga bisa lebih cepat, akurat, dan efisien.

“Penerapan AI exception signal untuk mengolah data transaksi dari digitalisasi SPBU yang diterapkan oleh Pertamina menghasilkan cost avoidance (penghindaran biaya) Pertamina yang signifikan serta mengurangi penyimpangan distribusi BBM subsidi,” terang Sigit.

BACA JUGA: Pertamina Patra Niaga Regional JBB Raih Best of The Best di Ajang ENSIA Award 2024

Sigit mengungkapkan ke depan Pertamina akan menggunakan digital factory di seluruh lini bisnis mulai dari hulu hingga hilir dan juga bisnis energi baru terbarukan sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

Penghargaan yang diterima Pertamina dilakukan setelah melalui proses penjurian panjang oleh berbagai ahli di bidangnya.

Pertamina berhasil mengungguli 113 perusahaan dan lembaga di Asia Tenggara hingga masuk 12 finalis dan akhirnya mendapatkan penghargaan Enterprise Innovation Awards 2024.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan Pertamina Integrated Enterprise Data Command Center (PIEDCC) menjadi salah satu bagian penting dalam transformasi digital yang dijalankan perusahaan untuk memastikan seluruh proses bisnis Pertamina berjalan dengan baik.

“Melalui PIEDCC, Pertamina bisa memonitor secara real time ketersediaan energi di seluruh wilayah Indonesia dan bisa mengambil tindakan cepat memenuhi kebutuhan energi jika terjadi lonjakan konsumsi BBM dan LPG,” ujar Fadjar.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler