Ungkap Kasus JIS, Mabes Polri Didatangi AFP dan FBI

Selasa, 06 Mei 2014 – 16:12 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Mabes Polri mengakui bahwa Amerika Serikat dan Australia memang berupaya ikut membongkar kasus kekerasan seksual di Jakarta International School (JIS). Itu dibuktikan dengan adanya wakil pihak Australian Federal Police (AFP) dan Federal Bureau Investigation  yang mendatangi Mabes Polri.

"Memang kemarin dari pihak AFB dan FBI sudah datang di Bareskrim. Mereka datang sifatnya koordinasi,”  kata Kabag Penum Mabes Polri Kombes Agus Rianto, Selasa (6/5).

BACA JUGA: Prabowo-ARB Rela Bertukar Posisi

Hanya saja Agus menegaskan bahwa tidak ada kesepakatan antra Polri dengan FBI dan AFP terkait kasus JIS. “Secara formil tidak ada kesepakatan seperti joint investigation, hanya koordinasi," lanjutnya.

Agus mengatakan, FBI dan AFP mendukung sepenuhnya langkah Polri dalam menangani kasus yang di sekolah tempat anak-anak para ekspatriat menuntut ilmu itu. Menurutnya, AFP dan FBI juga bersedia untuk memberikan data dan informasi dalam rangka mempermudah penuntasan kasus. "Atau untuk mencegah kasus di masa yang akan datang," jelas Agus.

BACA JUGA: Ini Pemicu Keributan Kader Nasdem dan PPP

Lebih jauh Agus kembali menegaskan bahwa sesuai undang-undang di negeri ini maka kasus yang terjadi di Indonesia kecuali di wilayah kedutaan merupakan kewenangan Polri. Meski demikian Agus juga mengaku sampai sejauh ini belum mendapatkan informasi tentang kemungkinan keluarga korban kasus sodomi di JIS yang melapor ke FBI dan AFP.(boy/jpnn)

BACA JUGA: BKN Ancam Pidanakan Pemalsu Data Honorer K2

BACA ARTIKEL LAINNYA... Masa Lalu Prabowo Untungkan Jokowi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler