Unika Atma Jaya Sambut 2.445 Mahasiswa Baru dengan Program Pendampingan yang Intensif

Jumat, 23 Agustus 2024 – 11:57 WIB
Penerimaan mahasiswa baru di Kampus Atma Jaya lewat program Ini SLJ. Foto: dok UAJ

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya resmi menyambut 2.445 mahasiswa baru dalam acara “Ini-SLJ” (Inisiasi Student Life Journey) 2024, yang merupakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).

Kegiatan berlangsung selama 17-20 Agustus 2024. Kegiatan “Ini-SLJ” di Unika Atma Jaya dirancang tidak hanya untuk membantu mahasiswa baru beradaptasi dengan lingkungan kampus, tetapi juga menggali potensi dalam menyiapkan diri menjadi pemimpin masa depan.

BACA JUGA: Dukung Sustainability Lingkungan, Unika Atma Jaya dan 41 Universitas Lainnya Raih Rekor MURI

Hal itu sesuai dengan tema “Ini-SLJ” Unika Atma Jaya yaitu ‘mengembangkan mahasiswa menjadi insan yang berkarakter, berbudaya dan inovatif bagi Indonesia‘.

Sebagai perwujudan semangat bela tanah air, mulai 2024 ini opening ceremony Ini-SLJ ditradisikan selalu dalam bentuk Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus.

BACA JUGA: Unika Atma Jaya Siap Teladani Budi Pekerti Carlo Acutis

Upacara peringatan HUT RI ke-79 dilaksanakan di Kampus 3 Unika Atma Jaya, BSD, Tangerang.

Upacara peringatan HUT kemerdekaan sebagai penanda awal kegiatan PKKMB dipimpin langsung oleh Rektor Unika Atma Jaya, Prof. Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S(K).

BACA JUGA: Melirik Fasilitas Pendidikan di Prodi Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya

Dalam amanatnya, Rektor menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh mahasiswa yang telah bergabung menjadi keluarga besar Unika Atma Jaya.

“Bagi saya pribadi, dalam kaitan dengan moment bersejarah, 17 Agustus, kalian adalah calon pemimpin yang akan membawa perubahan dan berperan besar di masa depan. Kalian akan menjadi pemimpin-pemimpin di berbagai pelosok negeri bahkan global. Oleh karena itu, secara khusus Unika Atma Jaya juga sudah menyiapkan berbagai aktivitas pendampingan mahasiswa yang akan dikemas melalui program Student Life Journey (SLJ),” ujar Prof. Yuda, Rektor Unika Atma Jaya.

Student Life Journey (SLJ) merupakan sebuah program yang dibuat secara khusus oleh Unika Atma Jaya untuk menggambarkan proses pengembangan diri mahasiswa sejak mulai masuk hingga menjadi alumni melalui kegiatan kuliah dan berbagai kegiatan kemahasiswaan.

Melalui adanya SLJ, kegiatan akademik diintegrasikan dengan kegiatan non akademik, karena SLJ selalu menekankan pada pengembangan mahasiswa secara holistik.

Pengembangan diri mahasiswa melalui SLJ mengacu pada 5 Pilar SLJ di antaranya yaitu prestasi/reputasi, keunggulan akademik, kepemimpinan transformatif, kompetensi interpersonal, dan perilaku keberlanjutan.  

Ini-SLJ, sebagai program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) terdiri dari rangkaian kegiatan pengenalan universitas, pengenalan fakultas, pendalaman SLJ dan event AJSA (Atma Jaya Student Award).

Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai KUPP, Unika Atma Jaya memastikan seluruh upayatersebut dilakukan dengan menghormati serta mempraktikkan prinsip luhur dalam tatanankehidupan berbangsa dan bernegara di dalam kampus Unika Atma Jaya.

Melalui program SLJ, Unika Atma Jaya mengutamakan kolaborasi pengetahuan dan menyelaraskan kerja sama lintas disiplin ilmu untuk terciptanya lingkungan akademis yang dinamis dan inovatif.

Penerapan budaya pembelajaran yang cerdas dan berbudaya dapatmeningkatkan kualitas pendidikan dan pengambangan diri mahasiswa.

Menutup pembukaan “Ini-SLJ”, Unika Atma Jaya memberikan penampilan spesial dari JAZ, artis muda dengan talenta luar biasa asal Brunei Darussalam, yang menyuguhkan  performamusik luar biasa dan populer di kalangan anak-anak muda di Indonesia.

Dengan berakhirnya rangkaian “Ini-SLJ” 2024, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya berharap agar para mahasiswa baru bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memupuksemangat, dan  mempersiapkan masa perkuliahan agar meraih kesuksesan akademik atau non akademik.

Semangat yang terbangun dan terbarukan selama acara diharapkan dapat menjadimodal berharga dalam menjalani perjalanan perkuliahan dan berkontribusi positif di lingkungan kampus. (flo/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler