Unit Usaha Syariah Bank DKI Siap Dukung Transaksi Perbankan Muhammadiyah DKI Jakarta

Minggu, 07 Juli 2024 – 20:20 WIB
Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) oleh Direktur Ritel dan Syariah Bank DKI Henky Oktavianus dan Ketua PW Muhammadiyah DKI Jakarta Akhmad H. Abubakar, pada Sabtu (6/7) kemarin. Foto: dokumentasi Bank DKI

jpnn.com, JAKARTA - Bank DKI melalui Unit Usaha Syariah (UUS) siap mendukung kebutuhan transaksi perbankan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PW Muhammadiyah) DKI Jakarta.

Hal itu dituangkan dalam Nota Kesepahaman (MoU) yang ditandatangani oleh Direktur Ritel dan Syariah Bank DKI Henky Oktavianus dan Ketua PW Muhammadiyah DKI Jakarta Akhmad H. Abubakar, pada Sabtu (6/7) kemarin.

BACA JUGA: Bank DKI Gandeng Koperasi Konsumen Karyawan Transjakarta, Bisa untuk KPR

Direktur Utama Bank DKI Agus Haryoto Widodo berharap dengan ditandatanganinya nota kesepahaman itu dapat meningkatkan inklusi keuangan syariah di DKI Jakarta.

Menurut dia, Bank DKI melalui UUS terus mengembangkan produk dan layanan yang inovatif serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

BACA JUGA: Konsisten Berdayakan UMKM, Bank DKI Terima Penghargaan dari BI

"Kami yakin, kolaborasi dengan PWM DKI Jakarta ini akan memperluas jangkauan layanan keuangan syariah dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian syariah di Jakarta," ucap Agus dalam keterangannya, Sabtu (7/7).

Dia menuturkan bahwa Bank DKI juga terus mendukung layanan perbankan digital yang dapat digunakan oleh PW Muhammadiyah dan juga amal usaha Muhammadiyah untuk kebutuhan pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial, dan tempat ibadah.

BACA JUGA: Bank DKI dan Perumda Pasar Pakuan Jaya Berikan Kredit Kepemilikan Tempat Usaha

Adapun, ruang lingkup MoU itu mencakup kerja sama penyediaan produk dan layanan keuangan syariah bagi PWM DKI Jakarta.

Di antaranya, pembukaan produk tabungan, giro dan deposito, produk pembiayaan konsumer seperti Kredit Multi Guna iB dan KPR iB komersil, Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), pembiayaan ritel, dan korporasi.

Kemudian, mencakup keagenan koperasi, layanan pendaftaran haji dan umroh, pemanfaatan produk dan layanan, serta program yang berdasarkan prinsip perbankan syariah yang difatwakan oleh Dewan Syariah Nasional.

Sementara itu, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengapresiasi Bank DKI dan berharap dapat meningkatkan hubungan baik dengan bank tersebut.

"Saya Bank DKI dapat mendukung kebutuhan Muhammadiyah DKI Jakarta melalui transaksi yang memberikan kemudahan, keamanan serta memberikan manfaat kepada umat,” kata dia.

Di sisi lain, Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi menambahkan bahwa kerja sama itu menandai langkah awal dari rangkaian program kolaboratif antara Bank DKI Unit Usaha Syariah dan PWM DKI Jakarta.

Kedua belah pihak berkomitmen untuk terus menjalin komunikasi dan koordinasi yang intensif guna memastikan implementasi kerja sama berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang optimal bagi semua pihak yang terlibat.

"Dengan semangat kemitraan dan kolaborasi yang erat, Bank DKI UUS dan PWM DKI Jakarta berharap dapat bersama-sama mendorong perkembangan perbankan syariah di Indonesia," tutur Arie. (mcr4/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler