Unitomo Patahkan Dominasi Brawijaya di LIMA Badminton

Jumat, 15 Maret 2019 – 23:21 WIB
Laga LIMA Badminton: McDonald’s East Java Conference (EJC) 2019. Foto: LIMA

jpnn.com, MALANG - Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Malang berhasil mematahkan dominasi  Universitas Brawijaya (UB) Malang pada LIMA Badminton: McDonald’s East Java Conference (EJC) 2019.

Unitomo sukses menundukkan Brawijaya dengan skor 3-2 pada laga laga puncak yang digelar di Gedung Bundar Al Asy’ari, Universitas Islam Malang (Unisma), Kamis (14/3).

BACA JUGA: Trisakti Pede Kawinkan Gelar LIMA Badminton Nationals

Tunggal pertama Unitomo Androw Yunanto Prakasa unggul terlebih dahulu setelah mengalahkan Ilham Yudha Gofinio dengan skor telak 21-9, 21-10.

Persaingan mulai sengit di nomor kedua, Achmad Rizal Lullah/Naufal Hafizhariyanto sukses mencuri poin di gim pertama dengan skor 21-17 saat bertanding dengan A. Fasich Firman Sabda/Ragawa Tamasuta Ayodya.

BACA JUGA: UNJ Tantang Trisakti di Final LIMA Badminton

Gim kedua berakhir dengan skor yang sama. Kemenangan dipegang oleh Brawijaya.

Androw Yunanto Prakasa/Komandani Maytri Sugiarto/Hiski Rumengan menggandakan kemenangan untuk Unitomo setelah menekuk tripel Brawijaya Adhika Ariyadi/Muh. Andra Galizta/Iqval Anggi Anggara Putra dengan skor 21-12, 21-15.

BACA JUGA: LIMA Badminton: Tim Putra Universitas Negeri Malang Jegal Ubaya

Andalan Brawijaya Achmad Rizal Lullah bertanding dengan ganda kedua Unitomo Setiawan Yogi Putera. Rizal mencetak poin terlebih dahulu di gim pertama dengan skor 21-19.

Dia pun sukses menutup gim kedua dengan kemenangan untuk Brawijaya dengan skor 21-14.

Di partai terakhir, kemenangan dikantuongi oleh Unitomo melalui ganda kedua mereka, Hiski Rumengan/Komandani Maytri Sugiarto yang mengalahkan Adhika Ariyadi/Iqval Anggi Anggara Putra dengan skor 22-20, 21-16

“Saya merasa senang dan bahagia bahwa tim kami menang dalam kompetisi Liga Mahasiswa ini. Semoga nanti di nationals kami bisa menjuarai lagi,” kata Wakil Rektor III Unitomo Suyanto.

Sementara itu, Universitas Brawijaya harus puas dengan runner-up. Meski demikian, Manajer Universitas Brawijaya Miftahul Huda tetap bersyukur.

Ada beberapa hal yang harus dievaluasi. Akan tetapi, kami bersyukur karena kami sudah berusaha semampu kami,” ujar Miftahul.

Dari nomor beregu putri, Universitas Negeri Malang (UM) memastikan satu tiket ke final nasional setelah finis sebagai runner up  zona EJC ini.

Mereka berhasil mengalahkan Brawijaya dengan skor 3-0 pada LIMA Badminton Season 7.

Partai pertama dilakoni oleh tripel UM Ingeldy Vyola/Palupi Nur Afifah/Munada Choirunnisa melawan Amalia Meutia Putri/Firda Ayu Cahyaningsih/Erien Novitasari.

Persaingan ketat terlihat di awal pertandingan. Di gim pertama, kedua tim saling mengejar angka. Namun, gim ini diambil oleh Ingeldy/Palupi/Munada dengan kemenangan deuce 22-20.

Di gim kedua, wakil UM tetap unggul dan menutup permainan dengan skor 21-17.

Di nomor kedua, Fitria Ayu Nawangwulan harus bertanding dengan tunggal UB, Pratiwi Kusumawardhani.

Fitria membuka keunggulan di gim pertama dengan skor 22-20. Stamina pemain UB semakin menurut di gim kedua dan pertandingan berakhir dengan kemenangan UM di skor 21-9.

Meski sudah dipastikan menang, semangat Ingeldy Vyola/Palupi Nur Afifah dalam bermain tidak pupus. Di gim pertama, ganda UM tersebut mengalahkan Amalia Meutia Putri/Firda Ayu Cahyaningsih dengan skor 21-15. Duet UM tetap unggul hingga akhir pertandingan.

Dengan hasil tersebut, putri UM keluar sebagai runner-up di LIMA Badminton EJC 2019.

“Hasil ini sesuai dengan prediksi kami. strategi untuk melawan UB sudah disiapkan dari jauh hari. Target awal kami memang menembus Nationals, tidak masalah peringkat satu atau dua,” kata Pelatih Universitas Negeri Malang Hasbi.

UB harus puas dengan peringkat ketiga. Namun , menurut Shinta selaku ofisial dari UB, prestasi itu tetap membanggakan.

”Beberapa dari kami mungkin kurang siap dengan kondisi lapangan yang berangin sehingga melakukan banyak kesalahan. kami tetap mengapresiasi para pemain. Meski di peringkat ketiga. Prestasi itu tetap membanggakan,” ujar Shinta. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Trisakti Rajai Nomor Perorangan LIMA Badminton GJC 2019


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler