UP Beri Beasiswa Bebas Biaya Kuliah kepada Calon Mahasiswa Baru

Minggu, 29 Agustus 2021 – 14:52 WIB
Universitas Pancasila memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa baru. Foto: Dok UP

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Pancasila menyediakan beasiswa bernama Beasiswa Merdeka Belajar untuk menyambut mulainya masa perkuliahan Tahun Akademik 2021/2022.

Rektor Universitas Pancasila Prof. Dr. Edie Toet Hendartno mengatakan beasiswa ini diberikan kepada calon mahasiswa baru yang bergerak di bidang edukasi sosial-kemasyarakatan.

BACA JUGA: Terjaring Razia Pekat, Sejoli Ini Kedapatan Tanpa Busana Lengkap di Kamar Kos

Di antaranya seperti yang bergerak di bidang edukasi anak jalanan, edukasi di bidang SDGs, edukasi pelestarian budaya, bidang kemanusiaan yang berkiprah dalam kegiatan relawan bencana, bidang kemanusiaan dan bidang kewirausahaan.

Dalam kenyataannya, kata Edie, cukup banyak siswa yang memiliki minat di bidang edukasi, kemanusiaan dan kewirausahaan.

BACA JUGA: Tim Resmob Gerak Cepat, Pembunuh Sopir Mobil Travel Aceh Ditangkap di Jambi

“Dari dua tahap penerimaan yang kami adakan, program ini mendapatkan respons dari pendaftar di berbagai daerah di Indonesia,” ujarnya.

Total pendaftar beasiswa sudah mencapai 100 orang. Semuanya melalui seleksi yang ketat dan UP sudah menetapkan tiga orang mahasiswa yang berhak menerima beasiswa berupa pembebasan biaya kuliah.

BACA JUGA: UNU Jogja Buka Program Beasiswa Rp135 Juta per Calon Mahasiswa Baru, Minat?

Mereka adalah Sabrina Budiarti yang diterima di Program S1 Fakultas Hukum, Irna Levina yang diterima di Program S1 Fakultas Ilmu Komunikasi dan Alexandra Misel Kristie diterima di Program S1 Fakultas Teknik Program Studi Teknik Industri.

“Pelaksanaan beasiswa ini kami rasa sangat efektif dalam menjaring banyak minat para lulusan-lulusan yang memiliki prestasi sesuai kategori yang dimaksud,” ujarnya.

Selain Beasiswa Merdeka Belajar, UP juga memberikan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 2 orang mahasiswa sebagai perwakilan dari seluruh penerima beasiswa KIP.

Kemudian terdapat pula Beasiswa Non-Akademik melalui jalur prestasi IPTEK, Seni, Budaya dan Olahraga, bantuan dana melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) untuk konversi pendidikan non-formal, informal, pengalaman kerja untuk pembebasan mata kuliah/sks, dan potongan uang kuliah dari Program Bersinar yaitu bantuan dana bagi siswa yang memiliki nilai rapor yang baik.

Seluruh jalur masuk ini bebas biaya pendaftaran sehingga dapat mengakomodir seluruh calon mahasiswa baru yang akan mendaftar tanpa dipungut biaya.

BACA JUGA: Perampok Bersenpi Itu Akhirnya Ditangkap, Polisi Tak Beri Ampun, Lihat

“Ini merupakan bentuk konkret dukungan UP kepada pemerintah dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para calon generasi penerus bangsa agar dapat memiliki kesempatan yang sama untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi,” pungkasnya.(dkk/jpnn)


Redaktur : Budi
Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler