Upaya Autodesk ASEAN Mendongkrak Kualitas Pendidikan di Daerah 3T

Kamis, 15 Agustus 2024 – 19:51 WIB
Autodesk ASEAN berupaya mendongkrak kualitas pendidikan di daerah 3T. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Yayasan Cahayatama Indonesia Foundation (CTIF) berkolaborasi dengan Kementerian ATR BPN, menerima CSR Pendidikan dari Autodesk ASEAN.

Bantuan ini berupa software Autocad untuk putra-putri terbaik Indonesia, temasuk di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar).

BACA JUGA: Tak Hanya Terima CSR Pendidikan dari CRRC, Siswa SMPN 3 Ngamprah Diajak Jajal Kereta Cepat Whoosh

Ketua Umum CTIF Nanny Hadi Tjahjanto mengatakan, dalam setiap program yang dijalankan mengutamakan kolaborasi dan inovasi.

"Kami yakin dengan sinergi antara berbagai pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat. Kami dapat menciptakan perubahan positif yang signifikan dan berkelanjutan demi membangun sumber daya manusia yang berkualitas menuju Indonesia Emas 2045," kata Nanny, dalam keterangannya, Kamis (15/8).

BACA JUGA: Pengangkatan Tenaga Pendidik Kontrak Jawaban Atas Kekurangan Guru di Daerah 3T

Ketua Harian Hanny Handayani menambahkan, melalui pendekatan berbasis pada kebutuhan dan partisipatif, CTIF berkomitmen untuk memberikan dukungan yang holistik dan berkelanjutan bagi masyarakat, termasuk pendidikan berkualitas bagi putra-putri terbaik Indonesia.

Untuk pilot project, kata Hanny, software Autocad dan pelatihannya akan diuji-cobakan di SMA Pradita Dirgantara Boyolali Jawa Tengan dan Akademi Angkatan Udara Yogyakarta.

BACA JUGA: Menteri Anas Sebut Pemerintah Menyiapkan Pengembangan Insentif Bagi Guru Daerah 3T

Sementara itu, Direktur Jenderal Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang Kementerian ATR/BPN Virgo Eresta Jaya menjelaskan bahwa ATR BPN dan Autodesk telah lama berkolaborasi untuk menunjang kerja pelayanan BPN kepada masyarakat, khususnya terkait pemetaan, pengukuran dan penerbitan sertifikat.

Virgo Eresta Jaya menyampaikan, setelah seluruh tanah tersertifikat, langkah berikutnya BPN akan menjalankan program pemetaan dan pengukuran 3 dimensi.

"Untuk merealisasikan peningkatan kapasitas putra terbaik Indonesia, maka CSR Pendidikan berupa software Autocad dari Autodesk ASEAN adalah wujud nyata dari implementasi human capital ini," kata Virgo.

Managing Director Autodesk ASEAN Ivy Rainer menuturkan bahwa Autodesk berkomitmen untuk hadir di Indonesia dan akan menjadi mitra jangka panjang untuk bekerja sama tidak hanya dengan ATR-BPN tetapi juga dengan K/L lainnya, termasuk dengan Yayasan Cahayatama Indonesia.

"Kami menyediakan jutaan lisensi pendidikan secara global untuk semua universitas, dan kami ingin hal yang sama juga berlaku di Indonesia," ungkap Ivy. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler