Upbit Ungkap Derivatif Kripto Kunci Diversifikasi & Pertumbuhan Pasar Keuangan Indonesia

Senin, 29 Juli 2024 – 19:46 WIB
COO Upbid Indonesia Resna Raniadi mengungkapkan derivatif kripto memainkan peran penting dalam diversifikasi dan pertumbuhan pasar keuangan Indonesia. Foto: Dokumentasi Upbit

jpnn.com, JAKARTA - Industri kripto di Indonesia terus menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Salah satu aspek penting yang mendapatkan perhatian adalah derivatif kripto.

BACA JUGA: Upbit Sebut Ethereum ETF Buka Akses Baru untuk Investor Kripto

Instrumen derivatif kripto, seperti forwards, futures, option, dan swaps memainkan peran penting dalam diversifikasi pasar dan pengelolaan risiko.

Chief Operating Officer (COO) Upbit Indonesia Resna Raniadi mengatakan derivatif kripto memainkan peran penting dalam diversifikasi pasar, karena memungkinkan investor untuk mulai masuk dan mengambil posisi dalam berbagai aset digital tanpa harus memilikinya secara langsung.

BACA JUGA: Kenaikan Bitcoin dan Ethereum Menunjukkan Daya Tarik Pasar Kripto Kuat

"Ini membantu dalam memitigasi risiko dan menciptakan peluang investasi yang lebih luas,” kata Resna Raniadi, Senin (29/7).

Derivatif kripto sendiri mencakup berbagai jenis instrumen, seperti forwards, futures, option, dan swaps.

BACA JUGA: Insiden Penembakan Trump, Bagaimana Reaksi Pasar Kripto?

Instrumen ini tidak hanya memungkinkan diversifikasi tetapi juga menyediakan likuiditas yang lebih baik di pasar.

Dia menjelaskan derivatif kripto juga memiliki peran krusial dalam pasar keuangan modern.

Mereka memberikan instrumen yang memungkinkan investor untuk melindungi nilai aset mereka dari fluktuasi harga yang ekstrem, mengelola risiko, dan mendapatkan eksposur terhadap aset kripto tanpa harus memiliki aset tersebut.

Tidak hanya itu, pemerintah pun mengaku siap untuk menggenjot pengembangan bisnis derivatif berbasis kripto di Indonesia.

Tingginya jumlah investor aset digital yang tercatat menjadi salah satu alasan bagi regulator untuk terus mendorong pertumbuhan segmen bisnis tersebut.

Hal ini pun ditambah dengan penjelasan dari regulator yang menyebutkan bahwa masih banyak investor dalam negeri yang melakukan perdagangan derivatif kripto mereka ke bursa luar negeri, yang jika dilakukan di dalam negeri tentunya dapat menambah pendapatan negara.

“Dengan adanya derivatif kripto, pasar menjadi lebih efisien dan terintegrasi, menarik lebih banyak partisipasi dari investor institusional dan perorangan, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih luas,” ungkap Resna.

Resna juga menekankan perlunya pengembangan dan dukungan untuk derivatif kripto di Indonesia.

Dia percaya dengan dukungan yang tepat dari pemerintah dan regulator, Indonesia memiliki potensi untuk menjadi pemimpin dalam industri kripto global.

"Pengembangan derivatif kripto adalah langkah penting dalam perjalanan ini,” tegas Resna.

Upbit juga berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan industri kripto di Indonesia dan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menciptakan ekosistem yang aman dan inovatif bagi semua pelaku pasar. (mcr10/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler