Us Menghantui Box Office, Captain Marvel Tumbang

Selasa, 26 Maret 2019 – 12:20 WIB
Us, film horo terbaru garapan Jordan Peele. Foto: Universal

jpnn.com - Dua pekan berturut-turut bertengger di puncak box office Amerika Utara, Captain Marvel harus ''kalah'' pekan ini. Adalah Us, film horor garapan Jordan Peele yang berhasil merebut posisi itu.

Us meraih pendapatan opening week USD 70,3 juta (atau sekitar Rp 997,1 miliar). Capaian tersebut menjadikannya film horor orisinal dengan penghasilan pekan pembuka terbesar sepanjang masa. Melampaui A Quiet Place (2018) USD 50,2 juta (Rp 712 miliar).

BACA JUGA: Film Captain Marvel Sudah Raup Pendapatan Banyak Banget, Wouw!

Dengan angka sebesar itu, Us juga menjadi film horor ketiga berpendapatan opening terbesar. Dia berada di bawah It (2017) dengan USD 123,4 juta (Rp 1,8 triliun) dan sekuel Halloween (2018) USD 76,2 juta (Rp 1,1 triliun). Serta film kedua dengan pendapatan opening tertinggi tahun ini. Berada tepat di bawah Captain Marvel (USD 153 juta atau Rp 2,2 triliun).

Di luar AS dan Kanada, Us meraih pendapatan USD 16,7 juta (Rp 236,8 miliar) dari 47 titik pemasaran. Dengan begitu, total pendapatannya saat ini adalah USD 87 juta (sekitar Rp 1,2 triliun). Perolehan itu terbilang fantastis karena Us ''hanya'' memakan bujet produksi USD 20 juta (Rp 283,7 miliar), di luar biaya marketing dan distribusi.

BACA JUGA: Captain Marvel Tancap Gas, Pecahkan Rekor Sepanjang Masa di Pekan Pertama

BACA JUGA: Film Captain Marvel Sudah Raup Pendapatan Banyak Banget, Wouw!

Us mencuri perhatian sejak tayang perdana di South by Southwest Film Festival. Hingga saat ini, film yang dibintangi Lupita Nyong'O dan Winston Duke itu mengantongi skor 94 persen di Rotten Tomatoes, angka yang sangat jarang bagi genre horor.

BACA JUGA: Diserang Troll, Rating Captain Marvel Anjlok

Kritikus film menilai, faktor kesuksesan Us adalah sang sutradara sekaligus penulis. ''Sederhananya, Jordan Peele adalah seorang jenius,'' kata Jim Orr, presiden distribusi domestik Universal.

Terlebih, kemampuan Peele dalam menggarap film horor psikologi sudah tidak diragukan sejak dirinya ''menelurkan'' Get Out (2017). Sutradara 40 tahun berdarah Afrika-Amerika itu memenangkan Best Original Screenplay di Oscars berkat film tersebut.

Get Out sukses meraih pendapatan total USD 255,4 juta (Rp 3,6 triliun) dari bujet hanya USD 4,5 juta (Rp 63,8 miliar).

''Dia merajut cerita yang membuat kalian berpikir, ditulis dengan sangat baik, diperankan dengan luar biasa, dan sangat menghibur,'' puji Orr sebagaimana dilansir USA Today.

Us mengisahkan Adelaide Wilson (Lupita Nyong'o) yang kembali ke rumah masa kecil di tepi pantai bersama keluarga. Trauma masa lalunya menjadi kenyataan ketika empat orang asing bertopeng muncul. Terlebih saat tahu bahwa empat orang itu berwujud seperti dia, suami, dan kedua anaknya.

Sementara itu, meski turun ke posisi kedua box office pekan ini, Captain Marvel meraih pendapatan total USD 910 juta (Rp 12,9 triliun), menjadikannya film adaptasi komik kesepuluh yang meraih pendapatan tertinggi sepanjang masa. (variety/USAtoday/hollywoodreporter/adn/c22/nor)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gara-Gara Captain Marvel, Brie Larson Dijauhi Pria


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler