Usia Baru 11 Tahun, Investigasi Segera Dilakukan

Sabtu, 26 November 2011 – 19:39 WIB

JAKARTA--Usianya belum termasuk tuaJembatan Kutai Kertanegara yang juga dikenal dengan nama jembatan Tenggarong atau jembatan Mahakam 2, ini mulai dibangun tahun 1995 dan mulai beroperasi tahun 2001.

Artinya usia jembatan yang melintasi sungai Mahakam, Kalimantan Timur, baru berusia sekitar 10 tahun

BACA JUGA: Ambruk Dalam 30 Detik, Korban Banyak Yang Hilang dan Terjebak

Jembatan ini disebut sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia
Menghubungkan Kecamatan Tenggarong dengan Kecamatan Tenggarong Seberang di Kabupaten Kutai Kartanegara, tergantung tanpa penyangga mencapai 270 meter, sedangkan total panjang jembatan mencapai 710 meter.

Namun secara mengejutkan, jembatan kebanggaan masyarakat Kaltim yang meniru jembatan Golden Gate di San Fransisco, AS pada pukul 16.30 WITA, Sabtu (26/11) ambruk total

BACA JUGA: Jelang Resepsi, SBY Gelar Rapat Mendadak

Tragisnya, saat kejadian jembatan tengah padat dilintasi oleh masyarakat
Baik berjalan kaki, sepeda roda dua, mobil ataupun angkutan umum lainnya.

Dalam sekejap mata, jembatan yang terkenal dengan keindahannya inipun berubah jadi lokasi tragis bagi ratusan pengguna di atasnya

BACA JUGA: Jembatan Ambruk, SBY Sebut Musibah Besar

Pekikan teriakan minta tolong dan kepanikan pun terdengarRatusan orang terlihat sempat menyelamatkan diri dengan berenang ke tepian, namun beberapa orang lainnya diketahui masih terjebak di antara reruntuhan.

Sementara dilaporkan 3 orang ditemukan tewasJumlah korban diperkirakan akan terus bertambah, mengingat saat kejadian masyarakat banyak melintasMaklum saja, jembatan juga sering dijadikan lokasi rekreasi bagi warga sekitar.

Atas kejadian ini, Presiden SBY telah mengintruksikan untuk segera dilakukan investigasi penyebab ambruknya jembatanPihak-pihak yang dinilai lalai harus bertanggungjawab.

"Tindakan investigasi dan hal-hal lain penyebab runtuhnya jembatan akan segera dilakukanYang lalai harus diberikan sanksi," tegas Mensesneg Sudi Silalahi saat menyampaikan arahan Presiden SBY di JCC, Jakarta.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Martha Bantah Merayu Jaksa Hari


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler