Utamakan Pemain Putra Daerah

Jumat, 15 Juli 2011 – 20:33 WIB

MAKASSAR - Pekan depan, manajemen dan jajaran pelatih PSM berencana melakukan seleksi pemain baru secara terbatasAda beberapa pemain akan direkrut untuk proyeksi putaran kedua Liga Primer Indonesia (LPI).

Seleksi ini diprioritaskan untuk putra daerah alias pemain lokal

BACA JUGA: Gantung Sepatu, Vieira Fokus Pembinaan

Menanggapi rencana seleksi tersebut, mantan pemain PSM, Najib Latandang menyatakan bahwa sebaiknya PSM lebih mengutamakan pemain jadi atau yang sudah diketahui kualitasnya.

"Menurut saya, seleksi itu hanya bagi pemain yang belum diketahuikualitasnya
Tetapi, kalau pemain jadi misalnya Muhammad "Abanda" Nur tidak perlu diseleksi tetapi hanya tes kesehatan dan bicarakan soal harga saja," saran Najib, seperti diberitakan Fajar (Grup JPNN).

Senada dengan mantan bek kanan PSM di era 1990-an, Bahar Muharram

BACA JUGA: Ali Khaddafi Diminati Persija dan Persib

Dia mengaku sepakat dengan Najib
Menurutnya, kalau ada pemain lokal yang sudah matang permainannya tidak usah diseleksi lagi.

Apalagi, kata dia, pelatih atau manajemen PSM sudah tahu kualitas pemain lokal yang ada di kota ini

BACA JUGA: Leonardo setelah Jabat Manajer Umum Paris Saint-Germain

"Sebaiknya pemain lokal yang bagus itu langsung diikat kontrakJangan sampai mereka memilih main di luar daerah," kata Bahar.

Mantan gelandang PSM, Marwal Iskandar menyatakan, pemain yang sudah jadi dan teruji di kompetisi lokal seharusnya tidak usah lagi diseleksi seperti pemain-pemain lain yang belum diketahui dan belum pernah dilihat oleh pelatih dan manajemenPemain yang sudah jadi, kata Marwal, tinggal medikal check up saja dan fisik mereka dites.

Marwal yang pernah membawa Persipura Jayapura juara Ligina ini berharap manajemen memberdayakan pemain-pemain lokal yang punya potensi"Jadi, tidak usah lagi mereka diseleksi," ujar Marwal.

Demikian pula masukan dari mantan Direktur Teknik PSM, Abdi TunggalMenurut dia, pemain lokal di Makassar rata-rata sudah ditahu kualitasnyaSehingga kalau mau direkrut, kat dia, hanya perlu mengetahui apakah mereka tidak pernah cedera.

Saat ini, ada beberapa pemain-pemain lokal dinilai berkualitas seperti Yus Arfandi Djafar, Juned, Faturrahman, Rasyid (MU), Ismail (MU), Handi Haya (Bank Sulsel), Razak (Bank Sulsel), dan Muhammad "Nur" Abanda (PS Estika)CEO PSM, Rully Habibie yang dikonfirmasi, mengaku setuju jika pemain yang sudah jadi dikontrak langsung.

Hanya saja, kata Rully, sepenuhnya dia menyerahkan hal itu ke tim pelatih menilai apakah pemain itu layak atau tidak"Kalau aku sih oke sajaTetapi, tetap perlu dilihat dahulu kemampuannya oleh tim pelatih yang punya kompetensiKemudian pelatih memberikan masukan kepada manajemen untuk dipertimbangkan," kunci Rully(ram)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Misi Ganda The Doctor


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler