Misi Ganda The Doctor

Rossi Start Ke-250 di MotoGP Jerman

Jumat, 15 Juli 2011 – 13:22 WIB
SACHSENRING - Akhir pekan dalam MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring menjadi catatan bersejarah bagi Valentino RossiPembalap Italia itu akan mencatat sejarah baru dalam karirnya di grand prix balap motor

BACA JUGA: Bingung Coret Legiun Asing

Dia bakal menjalani balapan ke-250 untuk semua kelas yang sudah digelutinya.

Sepanjang karirnya, Rossi sudah menjalani 230 kali balapan tanpa terputus
Catatan 230 kali start tanpa terputus itu berakhir ketika dia mengalami kecelakaan pada sesi latihan MotoGP Italia 2010

BACA JUGA: Miroslav Janu Layak Gantikan Wim

Hingga kini, peraih tujuh gelar juara dunia MotoGP tersebut sudah mencapai start ke-249.

Dengan demikian, pembalap Ducati itu akan menjadi orang keenam yang berhasil mencapai balapan ke-250
Dia berada di belakang kompatriotnya (rekan senegara) asal Italia, Loris Capirossi, di posisi teratas yang disusul Alex Barros, Jack Findlay, Angel Nieto, dan Bruno Kneubuhler.

Rossi menjalani debutnya di kelas 125 cc pada 1996 di Sirkuit Brno, Republik Ceko

BACA JUGA: Kesulitan Gelar Piala Indonesia

Waktu itu, dia start di posisi ke-11Sejak itu, kemenangan demi kemenangan berhasil diraih, sehingga mantan pembalap Honda dan Yamaha tersebut sudah mengoleksi sembilan gelar juara dunia.

Sayangnya, performanya pada musim 2011 dalam debutnya bersama Ducati tidak terlalu menggembirakanSejak seri pertama hingga kedelapan, Rossi belum pernah meraih kemenanganItu merupakan prestasi terburuk sepanjang karirnya karena sudah 11 seri (sejak akhir musim lalu) dilalui tanpa kemenangan.

Di antara delapan balapan yang sudah dijalani sejauh ini, Rossi baru sekali menjejak podiumItu terjadi di Le Mans dua bulan lalu saat dirinya finis ketigaSelebihnya, juara tujuh kali di kelas premier itu lebih sering tampil kurang memuaskan, sehingga kini hanya bisa menempati posisi keempat dalam klasemen sementara.

Untuk mengubah peruntungan pada musim 2011, Rossi sudah dibekali GP11.1 sasis anyar yang akan dipakai pada musim 2012Namun, motor baru tersebut masih butuh data lebih banyak untuk menemukan pengaturan yang tepatItulah yang sudah dicoba di Mugello saat dia hanya mampu finis di urutan keenam.

Tak salah jika Rossi mengemban dua misi di SachsenringSelain mencari catatan positif start ke-250, dia kembali bereksperimen dengan setting baru motornya"Di Mugello, kami mulai bekerja dengan setting yang arahnya belum pernah kami cobaKami menggunakannya dalam pemanasan Minggu (lalu)Jadi, kami belum banyak menghabiskan waktu dengan setting itu," ujar Rossi sebagaimana dikutip Crash.

"Motor bekerja lebih baik dalam balapan mulai saat latihanTapi, kami butuh lebih banyak eksperimen dengan setting ini," lanjutnya.

Bermodal setting anyar tersebut, Sachsenring pun kini akan dijadikan titik awal untuk mengujinya secara menyeluruh"Di Sachsenring, kami akan lihat apakah itu bisa jadi titik awal yang bagusLintasannya cukup rumit di beberapa bagianTapi, itu adalah sirkuit yang saya suka," ungkap Rossi(ady/c5/diq)
 
 Daftar pembalap dengan jumlah balapan terbanyak:
 
  1Loris Capirossi 321 start
  2Alex Barros 276
  3Jack Findlay 275
  4Bruno Kneubuhler 263
  5Angel Nieto 263
  6Valentino Rossi 249

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sinyal Konflik Arema Mereda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler