Versi Ombudsman, Empat Instansi Ini Paling Parah Punglinya

Selasa, 18 Oktober 2016 – 15:33 WIB
Adrianus Meliala. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA--‎Instansi-instansi yang tertinggi pungutan liar (pungli) didominasi sektor layanan publik. Mesti begitu, instansi sarang pungli terbesar adalah lembaga pemasyarakatan (Lapas).

"Dari laporan yang masuk ke Ombudsman, paling banyak melakukan pungli adalah di Lapas. Disusul Imigrasi, tilang (Kepolisian), dan pembuatan SIM (Kepolisian)," kata Komisioner Ombudsman Adrianus Meliala di Jakarta, Selasa (18/10).

BACA JUGA: Seperti Inikah Ruang Sel Tahanan Jessica?

Sudah rahasia umum, pungli sangat subur di Lapas, Imigrasi, tilang, dan pembuatan SIM. Tidak hanya aparaturnya, masyarakat juga terlibat aktif dalam pungli.

"Kadang aparaturnya benar‎, masyarakatnya yang pengen nyogok. Jadi serba salah, dua-duanya harus diedukasi," ujarnya.

BACA JUGA: Kontribusi Anak Merdeka Benar-benar Nyata

Di instansi-instansi lain masyarakat pun harus mengeluarkan uang agar urusannya lancar. Bahkan untuk masuk perguruan tinggi dan jurusan favorit, calon mahasiswa harus menyetorkan dana pelicin.

"Praktik-praktik seperti ini sudah lama dan membudaya. Untuk mengubah ini memang butuh proses, tapi kalau bukan sekarang kapan lagi," ujarnya.

BACA JUGA: Bang Ruhut Terancam Sanksi Berat karena Ogah Dukung Anak SBY

Sementara itu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur mengungkapkan, pihaknya tengah melakukan pendataan ulang seluruh pengaduan yang masuk ke sistem LAPOR!. 

Karena baru tiga pekan diserahterima‎kan kepada KemenPAN-RB dengan masa transisi hingga Desember 2016, Asman mengaku belum bisa membeber data instansi yang tertinggi punglinya.

"Tadinya, LAPOR! Ini dipegang oleh Kantor Sekretariat Presiden (KSP)‎, sekarang sudah dilimpahkan ke KemenPAN-RB," tandasnya. (esy/jpnn)‎

BACA ARTIKEL LAINNYA... ‎MenPAN-RB Bakal Kawal Laporan Masyarakat Soal Pungli


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler