Vettel-Alonso Ingin Peran Mekanik Berkurang

Senin, 09 Desember 2013 – 15:58 WIB

jpnn.com - LONDON - Perubahan regulasi yang terjadi di balapan Formula 1 musim mendatang disambut hangat oleh para pembalap. Jagoan Red Bull, Sebastian Vettel dan pembalap Ferrari, Fernando Alonso tak sabar ingin segera berjibaku di atas lintasan.

Namun, kedua pembalap yang musim lalu beriringan di urutan dua besar tersebut meminta adanya hal berbeda tentang mekanik tim. Vettel dan Alonso sepakat agar peran tim mekanik dikurangi.

BACA JUGA: Jadi Asisten Riedl, Wolfgang Pikal Enggan Komentar

“Saya berharap pembalap memiliki peran yang lebih besar untuk balapan musim mendatang. Saya ingin keputusan dari pembalap menjadi lebih penting dan mekanik memiliki control yang berkurang,” terang Alonso di laman Total Race, Senin (9/12).

Vettel juga sepakat dengan keinginan Alonso. Pria yang sukses merengkuh gelar juara dalam empat musim terakhir tersebut mengatakan, semua pembalap harus memiliki peranan besar di balapan musim baru mendatang.

BACA JUGA: Kandang Thunder Masih Sangat Angker

Selama ini, banyak pembalap yang hanya mengikuti perintah tim mekanik ketika berjibaku di atas lintasan. Hal itu membuat para pembalap dianggap hanya memiliki prosentase 20 persen atas kesuksesan sebuah tim. Sisanya adalah tim mekanik yang menentukan.

“Bayangkan jika hanya memiliki 100 liter bahan bakar yang tersedia dalam balapan. Hal itu membutuhkan teknik yang sangat berbeda. Anda harus tetap melaju dengan kencang, namun juga mesti menghemat bahan bakar,” tegas Vettel. (jos/jpnn)

BACA JUGA: Besok, Pemain U-19 Jalani Tes Fisik

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ducati Punya Banyak Kelemahan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler