Vettel di Ambang Juara Dunia Lagi

Senin, 12 September 2011 – 18:17 WIB

MONZA - Sebastian Vettel kembali meraih kemenangan di Grand Prix Italia, di Sirkuit Monza, Minggu kemarin (11/9)Posisi bintang Red Bull-Renault itu pun menjadi semakin tak tersentuh di puncak klasemen pembalap

BACA JUGA: Skuad Maung Dibentuk Lusa

Bahkan, kalau segalanya berjalan lancar, gelar juara dunia sudah bisa diamankan oleh pembalap Jerman itu di Singapura, dua pekan lagi.

Secara teoritis, pesaing utama Vettel adalah rekan setimnya sendiri, Mark Webber, yang memasuki GP Italia di urutan dua klasemen
Namun, pembalap Australia itu kemarin gagal finis, setelah bersenggolan dengan mobil lain dan lantas keluar lintasan.

Dengan kemenangan, Vettel pun kini memiliki total 284 poin

BACA JUGA: Siap Hadapi Tekanan Bobotoh

Urutan kedua bukan lagi Webber, melainkan Fernando Alonso (Ferrari) yang kemarin finis di urutan ketiga
Tapi, Alonso kini hanya punya 172 poin, alias minus 112 poin.

Total, ada enam lomba tersisa di musim Formula 1 2011 ini, menyisakan maksimal 150 poin untuk pembalap

BACA JUGA: Pelatih Baru Ingin Persib Mirip Barcelona FC

Jadi di lomba selanjutnya di jalanan Singapura, Vettel mendapat kesempatan pertama mengunci gelar juara dunianya yang kedua berturut-turut.

Kalau Vettel menang di Singapura, dan Alonso gagal finis misalnya, maka selisih poin akan jadi tak tersentuhSetelah Singapura nanti, hanya ada lima lomba tersisa menyediakan maksimal 125 poin

Kalau Vettel menang dan Alonso gagal finis di Singapura, maka selisih poin menjadi 137 poinVettel tak mungkin lagi terkejar.

Bayangkan kalau Vettel benar-benar bisa mengunci gelar dengan lima lomba masih tersisaTahun ini dia benar-benar menunjukkan dominasi luar biasaDan usianya masih 24 tahun!

Andai gagal mengunci gelar di Singapura pada 25 September pun, kemungkinan besar Vettel sudah akan menguncinya di lomba berikutnyaYaitu di Suzuka, Jepang, 9 Oktober nanti.    

Bagi Vettel, kemenangan ini merupakan yang kedelapannya musim iniSebagai catatan, dia meraih kemenangan perdananya pada 2008 di sirkuit yang sama, waktu itu mengendarai Toro Rosso-FerrariDi Monza kemarin, Vettel memakai desain helm yang sama dengan ketika di Toro RossoDan hasil akhirnya sama!

Pasangan McLaren-Mercedes, Lewis Hamilton dan Jenson Button, seharusnya jadi penantang utama VettelTapi start buruk menghalangi upaya mengganggu Vettel di awal lomba

Button akhirnya finis keduaHamilton, yang start kedua, lama "tersangkut" di belakang Michael Schumacher (Mercedes GP)Setelah ngebut habis-habisan dan mencatat fastest lap, Hamilton tetap harus rela finis di urutan keempat, hanya setengah detik di belakang Alonso.

Schumi, julukan Schumacher, pada akhirnya finis kelimaBerarti, sejak comeback di F1 di awal 2010 lalu, sampai sekarang sang juara dunia tujuh kali masih belum pernah lagi merasakan tangga podium.

Sementara urutan dua sampai lima ini bersaing mati-matian di lintasan, Vettel dengan mudah melaju di depan nyaris tanpa gangguan.

Usai lomba, Vettel mengaku belum memikirkan gelar"Wow! EntahlahTahun ini sudah berlangsung begitu luar biasaSebagai tim kami berkembang begitu pesatKami akan menghadapi Singapura seperti akan menghadapi lomba-lomba yang lainKe sana dan menjalaninya step by stepSaya tak sabar ke sana, dan kita lihat apa yang akan terjadi di sana," ujarnya.


Dari seluruh barisan peserta Grand Prix Italia, Vettel mungkin bukan yang paling bahagiaYang paling happy mungkin adalah Bruno SennaPembalap Lotus Renault GP itu tampil tenang dan finis kesembilanBerarti, keponakan mendiang Ayrton Senna itu berhasil meraih poin perdananya di Formula 1 (2 poin).

Acungan jempol juga patut diberikan kepada Paul di RestaRookie Force India-Mercedes itu meraup tiga poin di urutan delapanDan itu membuat timnya naik ke peringkat enam konstruktor, satu angka di atas Sauber-Ferrari (36-35)Di barisan ini, setiap poin memang sangatlah mahal! (aza)


Hasil Grand Prix Italia
(Sepuluh besar, 53 Lap)
1Sebastian Vettel, Red Bull-Renault
2Jenson Button, McLaren-Mercedes
3Fernando Alonso, Ferrari
4Lewis Hamilton, McLaren-Mercedes
5Michael Schumacher, Mercedes GP
6Felipe Massa, Ferrari
7Jaime Alguersuari, Toro Rosso-Ferrari
8Paul di Resta, Force India-Mercedes
9Bruno Senna, Lotus Renault GP
10.  Sebastien Buemi, Toro Rosso-Ferrari
Fastest lap: Lewis Hamilton, 1 menit 26,187 detik

Klasemen Pembalap
(Setelah 13 dari 19 lomba)
1Sebastian Vettel    284 poin
2Fernando Alonso    172
3Jenson Button    167
4Mark Webber        167
5Lewis Hamilton    158
6Felipe Massa        82
7Nico Rosberg        56
8Michael Schumacher    52
9Vitaly Petrov    34
10Nick Heidfeld    34

Klasemen Konstruktor
1Red Bull-Renault    451 poin
2McLaren-Mercedes    325
3Ferrari        254
4Mercedes GP        108
5Lotus Renault GP    70
6Force India-Mercedes    36
7Sauber-Ferrari    35
8Toro Rosso-Ferrari    29
9Williams-Cosworth    5

BACA ARTIKEL LAINNYA... Juve Pesta, Roma Berduka


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler