Viral, Nama Anies Ada di Soal Ujian Sekolah, Ini Komentar Disdik DKI

Sabtu, 12 Desember 2020 – 20:39 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Beredar di media sosial, sebuah foto soal ujian sekolah yang menyebutkan nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam foto tersebut, terdapat soal yang menyebut Anies tidak menyalahgunakan jabatannya untuk memperkaya diri. Melainkan jabatan gubernur digunakan untuk menolong rakyat yang kesusahan.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Tim Bareskrim Polri ke Sentul, Titah Irjen Fadil, Saksi Lihat Laskar FPI Bawa Senjata

Siswa pun diminta untuk menjawab sikap apa yang ditunjukan Anies dalam soal itu. Dinas Pendidikan DKI Jakarta akhirnya memberi tanggapannya terkait foto yang viral tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana mengatakan bahwa pihaknya sudah menelusuri dan mengonfirmasi kepada sekolah yang membuat soal ujian tersebut.

BACA JUGA: Luar Biasa, Penggusuran Akibat Proyek Kebanggaan Anies Baswedan Ini Disebut Untungkan Warga

Hasil penelusuran pihak Disdik DKI, soal tersebut dibuat karena terdapat unsur kompetensi pada mata pelajaran mengenai pembentukan karakter, integritas, sabar, dan tanggung jawab.

Soal itu juga dibuat tidak bermaksud untuk mendukung nama pejabat publik.

BACA JUGA: Ingat ya, Kenaikan Gaji Anggota DPRD DKI Bergantung dari Pak Anies

"Dinas Pendidikan tidak pernah mengimbau kepada guru di sekolah untuk membuat soal ujian sekolah dengan menyebutkan nama pejabat publik tertentu," kata Nahdiana dalam keterangannya, Sabtu (12/12).

Disdik DKI juga sudah meminta kepada guru yang membuat soal tersebut agar tidak mengulangi perbuatannya.

"(Kami) telah mengarahkan guru yang membuat soal ujian sekolah tersebut untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi. Karena, hal tersebut berpotensi menjadi unsur pelanggaran netralitas terhadap posisi ASN," ujar Nahdiana. (mcr1/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dean Pahrevi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler