Virus Corona Menggila, Warga Palestina Suarakan Dukungan untuk Tiongkok

Jumat, 07 Februari 2020 – 21:23 WIB
Bendera Palestina. Foto: Haaretz

jpnn.com, RAMALLAH - Warga Palestina menunjukkan solidaritas yang luar biasa terhadap Tiongkok di tengah perjuangannya melawan virus corona baru.

"Orang-orang di Tiongkok melakukan upaya yang sangat besar untuk mengalahkan virus corona dan mencegahnya menyebar hingga ke luar perbatasan," kata Adnan Samara, Ketua Asosiasi Warga Palestina-Tiongkok yang berbasis di Ramallah kepada Xinhua.

BACA JUGA: Universitas Tiongkok Ungkap Peran Tenggiling dalam Penyebaran Virus Corona

Menurut Samara, Tiongkok telah mengambil langkah-langkah pencegahan dan melakukan tugasnya untuk melawan virus tersebut. Tidak ada negara lain di dunia yang melakukan upaya lebih baik dari Tiongkok, ujarnya.

Berbicara soal cercaan yang dilakukan oleh beberapa negara terhadap Tiongkok terkait virus corona baru, Samara mengatakan bahwa itu tidak akan menodai citra Negeri Tirai Bambu di dunia, terutama di Palestina.

BACA JUGA: Dokter Pengungkap Wabah Corona Tewas, Amnesty Singgung Pelanggaran HAM di Tiongkok

"Warga Palestina yakin bahwa Tiongkok akan mengalahkan penyakit ini dalam waktu dekat," tambah Samara.

Selain itu, di media sosial, warga Palestina memuji pemerintah Tiongkok atas upayanya melawan virus corona dan mencegah penyebarannya ke negara lain.

BACA JUGA: Pemerintah Masih Yakin Belum Ada yang Terinfeksi Virus Corona di Indonesia

Melalui berbagai unggahan dan komentar, mereka menyatakan keyakinannya terhadap kemampuan Tiongkok untuk mengendalikan wabah yang sedang merebak, seraya menyerukan kepada komunitas internasional untuk bergandengan tangan dengan Tiongkok.

"Tiongkok telah menunjukkan transparansi yang luar biasa, mengambil langkah-langkah yang belum pernah dilakukan sebelumnya, membagikan semua temuan tentang virus corona kepada dunia dengan cepat," tulis warganet dalam unggahan dan cuitan di Twitter.

Mereka juga mengatakan bahwa Tiongkok telah berkomitmen untuk bekerja sama dengan negara-negara lain dalam melakukan evakuasi, dan melakukan upaya terbaik untuk melindungi warga asing yang berada di Tiongkok.

Ahmed Nassar, seorang insinyur yang pernah tinggal di Tiongkok selama hampir empat tahun dan baru-baru ini kembali ke Palestina, mengatakan dirinya ingin berkunjung ke Negeri Panda secepatnya untuk menunjukkan solidaritas bagi masyarakat di sana yang luar biasa.

Nassar mengkritik intimidasi media yang disengaja terkait dampak epidemi di Tiongkok, seraya mengatakan bahwa hal itu dilakukan hanya untuk melemahkan perekonomian negara tersebut.

Warga Palestina juga menyuarakan dukungannya terhadap sebuah kampanye yang diluncurkan oleh komunitas mereka di Tiongkok untuk mengumpulkan donasi.

Nantinya, uang hasil donasi tersebut akan digunakan untuk membeli masker medis, peralatan medis dan pakaian pelindung untuk para dokter di Tiongkok, terutama di Wuhan.

Sementara itu, Duta Besar Tiongkok untuk Palestina Guo Wei memuji kepemimpinan Palestina atas dukungannya kepada pemerintah serta warga Tiongkok dalam melawan virus corona.

Guo mengatakan bahwa sejauh ini belum ada laporan orang yang terinfeksi virus corona di Palestina, dan Tiongkok akan terus bekerja sama dengan rakyat Palestina untuk mencegah penyebaran virus tersebut. (Xinhua/ant/dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler