Visi Misi Ganjar-Mahfud Memberikan Perlindungan kepada Pahlawan Devisa

Senin, 18 Desember 2023 – 21:48 WIB
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Foto: Aristo/JPNN.com

jpnn.com, WONOSOBO - Ganjar Pranowo mendorong meningkatkan kesejahteraan dan memberikan jaminan perlindungan hak kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) jika dirinya terpilih menjadi presiden.

Hal itu dikatakan Capres nomor urut 3 bertepatan di Hari Migran Internasional yang diperingati setiap 18 Desember.

BACA JUGA: Di Rumah Ustaz Izudin, Ganjar Sampaikan Kabar Baik buat Guru Agama, Alhamdulillah

Mantan gubernur Jateng itu mengatakan dalam visi misi Ganjar-Mahfud jelas tertuang komitmen mereka untuk memberikan perlindungan kepada para pahlawan devisa.

Tidak hanya program pelindungan hak pekerja dan peningkatan kesejahteraan, tetapi juga program peningkatan kualitas SDM dan kompetensi pekerja.

BACA JUGA: Ganjar Siapkan 3 Strategi Ampuh Menurunkan Harga Bahan Pokok

“Kami komunikasi dengan para pekerja migran cukup intens, ya. Banyak keluhan-keluhan yang disampaikan soal legalitas, soal skill, sehingga kalau mereka nanti berangkat betul-betul mantap,” kata Ganjar saat melakukan kunjungan ke Wonosobo, Senin (18/12).

Ganjar menginginkan adanya peningkatan kualitas dan kompetensi para pekerja migran. Hal itu pernah dia lakukan semasa dirinya menjabat sebagai Jawa Tengah.

BACA JUGA: Stafsus Presiden Jokowi: Jangan Lupa Pilih Pak Ganjar, Ya

Ganjar pernah mengirimkan tenaga kerja terampil ke luar negeri untuk magang kerja, ke Ceko.

“Mesti disiapkan pekerja migran yang kita kirim ialah skilled labour. Itu yang penting,” katanya.

Selain itu, lanjut Ganjar, masalah pekerja migran adalah masalah antarnegara. Sehingga, ke depan harus ada kerja sama internasional untuk memastikan pekerja migran terlindungi dan terbebas dari praktik perdagangan manusia.

“Satu lagi kontraknya juga mesti clear. Sehingga mereka betul-betul seorang profesional yang dijamin oleh regulasi dan perjanjian,” kata dia.

Pasangan Ganjar-Mahfud mempunyai rekam jejak dalam hal komitmen terhadap perlindungan pekerja migran dan pencegahan perdagangan orang.

Semasa menjadi gubernur, Ganajr aktif memperjuangkan nasib pekerja migran asal Ungaran bernama Satinah yang akhirnya bisa terbebas dari hukuman mati di Arab Saudi.

Ganjar juga merupakan satu-satunya gubernur yang mendorong kebijakan di tingkat propinsi dalam memberikan perlindungan terhadap pekerja migran di sektor perikanan atau awak kapal (ABK).

Sementara Calon Wakil Presiden Mahfud MD juga berperan besar dalam upaya pencegahan perdagangan orang.

Di masa Keketuaan Indonesia untuk ASEAN tahun 2023, Mahfud berhasil mendorong adanya Deklarasi ASEAN mengenai Pencegahan Perdagangan Orang karena Penyalahgunaan Teknologi Digital.

Ketika menjabat sebagai Ketua Gugus Tugas Antiperdagangan Orang, Mahfud juga berhasil merevitalisasi upaya pemberantasan perdagangan orang melalui langkah-langkah penegakan hukum, sehingga ribuan kasus perdagangan orang di Indonesia bisa terbongkar. (jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... IKN dan Era Baru Pulau Kalimantan


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler