Vitamin D Bisa Membangun Kembali Otot Setelah Menopause

Kamis, 15 Oktober 2015 – 11:10 WIB
FOTO: Fox News

jpnn.com - Mengonsumsi vitamin D bisa membantu otot yang kehilangan massa pada wanita pascamenopause, peneliti di Botucatu Medical School di Sao Paulo State University di Brazil telah menemukan.

Sementara para ilmuwan telah memperdebatkan manfaat vitamin D bagi wanita menopause, penelitian ini justru melihat peningkatan 45 persen dalam kekuatan otot pada wanita yang mengonsumsi suplemen vitamin D selama periode sembilan bulan studi daripada para wanita dikelompok kontrol. 

BACA JUGA: Makanan Untuk Kulit Sehat dan Cerah

Para wanita di kelompok kontrol rata-rata kehilangan massa otot 6,8 persen, sementara kelompok suplemen menunjukkan tidak mengalami kehilangan masaa otot.

“Temuan ini tentunya merupakan hal yang sangat menguntungkan” kata penulis utama studi, Dr. LM Cangussu, seperti dilansir laman Fox News, Rabu (14/10).

BACA JUGA: Ponsel Bisa Membuat Anda Depresi, Ini Buktinya

Setelah menopause, kekurangan vitamin D adalah umum.

“Proses menopause menyebabkan hipoestrogenisme yang menyebabkan penurunan kekuatan dan massa otot," kata Cangussu.

BACA JUGA: Risiko Mengejutkan Mengonsumsi Soda Setiap Hari

“Hipoestrogenism menyebabkan hilangnya kekuatan massa otot yang menyebabkan peningkatan risiko jatuh dan patah tulang,” jelas Cangussu.

Penelitian yang dipresentasikan dalam Menopause Society (NAMS) meneliti lebih dari 160 wanita usia 50 tahun sampai 65 tahun. Wanita pada kelompok suplemen menerima 1000IU dari cholecalciferol, suatu bentuk vitamin D3 setiap hari. Tim peneliti menggunakan vitamin D3 karena memiliki penyerapan tertinggi dalam tubuh yang mengarah ke manfaat lebih cepat dibandingkan dengan bentuk lain dari vitamin D.

Menurut National Institutes of Health, Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak yang secara alami terdapat dalam beberapa makanan dan diproduksi ketika kulit terpapar sinar ultraviolet (UV) dan memulai sintesis. Tubuh menggunakannya untuk mempromosikan penyerapan kalsium dalam usus serta untuk pertumbuhan tulang dan remodeling.

Para peneliti mengamati bahwa suplemen vitamin D bisa mengurangi hilangnya massa otot tubuh pada wanita hingga lebih dari 12 tahun setelah menopause.

Penulis penelitian mengatakan ini adalah studi pertama untuk membuktikan suplemen vitamin D saja sudah melindungi terhadap komplikasi muskuloskeletal pada wanita yang lebih muda.

“Dosis yang dianjurkan tergantung pada kondisi klinis pasien individu, tetapi menurut IOF (International Osteoporosis Foundation), rekomendasi dosis harian minimum adalah 800IU per hari untuk wanita menopause," kata Cangussu.

Penelitian ini diharapkan akan diterbitkan dalam dua bagian pada awal 2016 dalam jurnal Osteoporosis International dan Menopause.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Diet untuk Mengalahkan Masalah Asam Urat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler