Waduh.. Waduh.. Pemerintah Pangkas Anggaran Ristek-Dikti

Jumat, 25 September 2015 – 18:08 WIB
ilustrasi / umk.acid

jpnn.com - JAKARTA - Mahasiswa di seluruh Indonesia siap-siap gigit jari. Pasalnya, Kementerian Keuangan memangkas anggaran Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek-Dikti) sebesar Rp 6 triliun.

Ketua Komisi X DPR, Teuku Riefky Harsya meyakini, pemotongan yang diusulkan dalam RAPBN 2016 tersebut akan berimbas pada pemberian beasiswa bagi mahasiswa di berbagai perguruan tinggi nasional.

BACA JUGA: FHI Tuding Pejabat Kemdikbud Tak Paham Masalah Guru Honorer

"Di kementerian Ristek Dikti itu ada pemotongan Rp 6 triliun oleh menteri keuangan. Ini berdampak pada banyaknya pemotongan  beasiswa mahasiswa di seluruh Indonesia," kata Teuku Riefky Harsa, Jumat (25/9).

Politikus Partai Demokrat ini menilai, pemotongan anggaran tersebut memang kewenangan pemerintah. Namun, ia meminta agar setiap kebijakan pemangkasan anggaran dilakukan dengan cermat. Karena, pemotongan Rp 6 triliun akan berimbas pada 60 persen beasiswa perguruan tinggi.

BACA JUGA: Program Wajib Belajar 12 Tahun Tak Maksimal, Ini Penyebabnya

Karena itu, Komisi X akan melihat secara mendalam alasan pemerintah melakukan pemotongan anggaran Kemenristek Dikti. Terutama yang bisa berdampak pada pemotongan beasiswa pendidikan tinggi. (fat/jpnn)

 

BACA JUGA: Mau Tingkatkan Mutu Pendidikan atau Tampung Tenaga Kerja

 

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cegah Kecurangan, Pendaftaran Siswa Harus 100 Persen Online


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler