Wagely Dapat Tambahan Dana Pra-Seri A, Sebegini Jumlahnya

Kamis, 17 Maret 2022 – 23:38 WIB
Platform kesehatan finansial wagely sukses mendapatkan tambahan dari dana pra-seri A.. Foto: dok. wagely

jpnn.com, JAKARTA - Platform kesejahteraan atau kesehatan finansial, wagely, berhasil mengumpulkan tambahan dana sebesar USD 8.3 juta dalam ronde pendanaan pra-seri A. Ini merupakan pertumbuhan tercepat di Asia.

Keberhasilan ini terwujud di saat perusahaan tengah meningkatkan kinerja platform-nya dalam membantu pekerja di wilayah Indonesia dan Bangladesh, mengakses sebagian dari gaji yang mereka peroleh. 

BACA JUGA: Platform Pendidikan Digital GreatEdu Bidik 20 Ribu Pengguna Prakerja

Putaran oversubscribed ini dipimpin oleh East Ventures (Growth Fund) dengan partisipasi dari investor pendukung saat ini, termasuk Integra Partners, Asian Development Bank, Global Founders Capital, Trihill Capital, Blauwpark Partners, dan 1982 Ventures.

Total dana yang berhasil terkumpul mencapai USD 14 juta dalam kurun waktu kurang dari dua tahun.

BACA JUGA: Pertama di Asia, Platform Musik Netra Ingin Musisi Sejahtera, Ada Dewa Budjana

Menurut Tobias Fischer, CEO dan Co-Founder wagely, perusahaan telah mendapatkan dukungan dari Central Capital Ventura, sebuah perusahaan modal ventura dari bank swasta terbesar di Indonesia, Bank Central Asia (BCA).

Investasi pada wagely ini mendukung komitmen untuk memperluas ekosistem finansial digital dan mendorong solusi kesejahteraan finansial di seluruh wilayah Indonesia. 

BACA JUGA: Peluang Bisnis Platform Pendidikan Digital Dinilai Sangat Potensial

Diluncurkan pada 2020, wagely membangun platform kesejahteraan finansial holistik dengan solusi utama berupa Earned Wage Access (EWA) atau yang sering disebut ‘gaji instan’.

Produk EWA dari wagely memungkinkan pekerja dari perusahaan yang menjadi mitra wagely untuk mengakses sebagian dari gaji yang mereka peroleh secara real-time yang terhitung dari total jumlah hari mereka telah bekerja. 

Konsep ini telah terbukti berhasil di beberapa pasar dunia dan telah diadopsi oleh beberapa organisasi terkemuka untuk mengurangi pergantian karyawan, menambah produktivitas, dan meningkatkan penghematan biaya bisnis.

Wagely juga telah membuktikan pertumbuhan yang agresif di seluruh pasarnya, dengan pertumbuhan basis penggunanya yang naik 10 kali lipat (YoY) dari 2021.

Pertumbuhan ini juga didukung dengan kemitraan bersama deretan perusahaan terbesar di Indonesia.

Roderick Purwana, Managing Partner East Ventures mengatakan, dengan pertumbuhan pesat dalam beberapa kuartal terakhir, pihaknya yakin wagely akan menjadi mitra pilihan bagi banyak perusahaan besar yang berkomitmen untuk mengubah kesejahteraan finansial para pekerja di Indonesia dan sekitarnya. 

"Mereka telah memperbaiki kehidupan jutaan pekerja di seluruh wilayah Asia. Lebih dari 75 persen penduduknya hidup dan bergantung dari gaji ke gaji," tuturnya dalam keterangan tertulis, Kamis (17/3).

Dijelaskannya, pendanaan pra-seri A hadir hanya dalam beberapa bulan setelah wagely berekspansi ke Bangladesh.

Tobias Fischer mengaku bangga telah berhasil beroperasi di dua pasar terbesar di wilayah Asia yang mempekerjakan lebih dari 150 juta pekerja.

Akses instan dalam memperoleh gaji kini memainkan peran penting bagi para pengusaha dalam mengurangi pembiayaan, meningkatkan produktivitas, serta memberi kesejahteraan bagi pekerja. 

"Kami bersemangat menyediakan platform kesejahteraan finansial dari wagely kepada produsen pakaian terkemuka di Bangladesh, termasuk SQ Group, Classic Composite, dan Vision Garments”, ujar Tobias.

Perolehan modal baru ini akan mendukung wagely dalam mengakselerasi posisinya sebagai pemimpin pasar di Indonesia dan Bangladesh dalam kategori kesehatan finansial khususnya EWA.

Di samping memacu pengembangan platform kesejahteraan finansial secara holistik, yang akan diluncurkan akhir tahun ini. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Djainab Natalia Saroh, Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler