Wajah Baru Timnas 3x3 Indonesia: Ada 2 Pemain Naturalisasi dan Pelatih Anyar

Sabtu, 03 Desember 2022 – 05:47 WIB
Tim 3x3 Indonesia melakukan seleksi di kawasan Palmerah, Jakarta Barat, Jumat (2/12). Foto: Perbasi

jpnn.com - Indonesia mulai mempersiapkan tim nasional basket 3x3 yang akan dikirim ke SEA Games 2023 mendatang. 

Seleksi pemain tahap pertama baru saja bergulir. Selain itu, timnas 3x3 putra Indonesia kini punya pelatih baru, yakni Raoul Miguel Hadinoto.

BACA JUGA: Pertarungan Sengit Siap Tersaji di Turnamen 3x3 Livin by Mandiri

Mantan nakhoda tim West Bandits Combiphar Solo itu dipercaya mengembalikan supremasi 3x3 Indonesia pada ajang SEA Games seusai di edisi 2021 harus puas tanpa medali.

Pada pemanggilan perdana Timnas 3x3 Indonesia, pelatih yang akrab disapa Ebos itu memilih kombinasi pemain muda dan senior.

BACA JUGA: Turnamen Livin By Mandiri Indonesia 3x3 Siap Merambah Medan, Bali, dan Makassar

Tidak lupa dalam seleksi kali ini, dua pemain naturalisasi Indonesia Jamarr Andre Johnson dan Lester Prosper ikut dipanggil.

Pemain-pemain berpengalaman di basket tiga lawan tiga seperti Rio Disi, M. Sandy Ibrahim Azis, Avan Seputra, hingga Restu Dwi Purnomo mengikuti seleksi yang diadakan di kawasan Palmerah, Jakarta Barat dari 1 hingga 9 Desember mendatang.

BACA JUGA: Lagi, Satria Muda Pertamina Jadi Kampiun di IBL 3x3 Seri Bali

Asisten manajer tim 3x3 Indonesia, Cesar Wilhelem mengaku sengaja melakukan seleksi terhadap pemain muda dan senior.

Mantan manajer tim Universita Pelita Harapan itu berharap beberapa pemain muda yang ikut seleksi bisa menyerap ilmu dari seniornya yang ada di Timnas Indonesia sehingga bisa diandalkan di masa mendatang.

"Kami memang sengaja memanggil pemain senior dan junior karena memikirkan masa depan Timnas 3x3. Kami ingin selain membangun kekuatan juga memikirkan regenerasi," ungkap Cesar dalam rilis tertulis.

Nantinya dari 15 nama yang diseleksi, delapan di antaranya akan menjalani pemusatan latihan lanjutan sebelum akhirnya dikerucutkan menjadi empat pemain.

Sejauh ini dari 15 pemain yang dipanggil, 13 sudah hadir dan siap berebut satu tempat untuk tampil di ajang 3x3 pada SEA Games 2023 mendatang.

"Persiapan kami bersamaan dengan 5 lawan lima, ada satu yang tidak hadir. Satu lagi masih berada di luar negeri."

"Jadi kami fokus terlebih dahulu dengan pemain-pemain yang ada," pungkas Cesar.

Salah satu yang menarik dari daftar peserta seleksi tahap pertama ini adalah masuknya dua pemain naturalisasi.

Sebelumnya Jamarr Johnson sempat memperkuat Timnas Indonesia di 3x3 pada SEA Games 2021, sayang pemain Dewa United itu gagal mempersembahkan medali seusai di babak perebutan perunggu kalah dari Vietnam dengan skor 15-21.

Filipina, Thailand dan Vietnam menjadi lawan tangguh nantinya untuk Indonesia pada 3x3 SEA Games 2023.

Dengan materi pemain keturunan, ketiga tim tersebut menjelma menjadi kekuatan baru bola basket Asia Tenggara.(perbasi/mcr16/jpnn)

Pemain-pemain yang mengikuti seleksi Timnas 3x3 Indonesia

Patrick Nikolas (West Bandits Combiphar Solo), Rio Disi (West Bandits Combiphar Solo), M. Sandy Ibrahim Azis ( Satria Muda), Avan Seputra (Satria Muda), Laurentius, Steven Oei (Satria Muda), Restu Dwi Purnomo (Bima Perkasa), Fernando Fransco Manansang (Prawira Bandung), William Beckham Mamahit Pontoh (NSH Mountain Gold), Randy Ady Prasetya (Satya Wacana Salatiga), Muhammad Rizky Ari Daffa (Bumi Borneo), Leonardo Effendy (Dewa United), Jamarr Andre Johnson (Dewa United), Daffa Dhaifullah (Elang Pacific Caesar), Lester Prosper (Terrafirma Dyip), Serigne Modou Kane (Indonesia Patriots)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler