Waketum PSSI: Sekjen Harus Dipilih Sesuai Statuta

Selasa, 14 April 2020 – 20:14 WIB
Cucu Somantri, waketum PSSI saat ditemui beberapa waktu lalu sebelum pandemi COVID-19 terjadi. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ratu Tisha Destria telah mengundurkan diri dari posisinya sebagai Sekjen PSSI pada Senin sore (13/4). Sempat ada kontroversi karena Wakil Ketua Umum PSSI Cucu Somantri menegaskan bahwa penggantinya otomatis Wakil Sekjen yang langsung naik.

Tetapi, Selasa (14/4) pernyataan itu dibantah sendiri lewat pernyataan resminya.

BACA JUGA: 2 Pemuda Sering Berduaan di Rumah, Perbuatannya yang Terlarang Terungkap

Menganulir pernyataannya pada Senin, Cucu menegaskan proses penentuan pengganti di posisi Sekjen PSSI tak bisa dilakukan secara instan atau sepihak.

Menurut sosok yang rangkap jabatan sebagai Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) tersebut, ada mekanisme organisasi yang harus dilalui.

BACA JUGA: Info Terkini dari Polisi Soal Perempuan yang Tewas Telentang di Pinggir Jurang

"Ya, ada fit and proper test yang harus diikuti sang calon. Tanpa kecuali. Setelah itu, harus ada persetujuan dari Exco PSSI," ucapnya.

Sekjen, menurut dia tak bisa asal tunjuk dan asal pilih. Dia harus paham dan mengerti sepak bola baik dalam urusan dalam negeri maupun hubungan dengan FIFA.

BACA JUGA: Dua Tahun Buron, Debi Kurniawan Ditangkap Saat Isolasi Diri Bersama Perempuan di Villa

Dalam daftar tanggung jawab Sekjen PSSI berdasarkan pasal 61 poin 3 Statuta PSSI disebutkan beberapa kewajiban Sekjen.

Tuga itu antara lain, melaksanakan keputusan yang disahkan Kongres PSSI dan Exco PSSI sesuai dengan arahan dari Ketua Umum. Kemudian, mengatur penyelenggaraan Kongres PSSI dan pertemuan Exco dan badan-badan lain.

Tidak hanya itu, sesuai dengan Statuta PSSI, Sekjen PSSI juga diharuskan menjaga hubungan baik dengan anggota PSSI, asosiasi provinsi PSSI, asosiasi Kabupaten, asosiasi kota, komite-komite, FIFA, AFC dan AFF.

BACA JUGA: Reaksi Kapolda Sumut Soal Oknum Polantas Viral Meludahi Pengendara Mobil

"Sekali lagi, menilik tanggung jawab dan tugasnya yang berat, wajar jika penentuan Sekjen PSSI itu harus melalui tahapan yang panjang dan detail," tandasnya. (dkk/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler