Wakil Ketua Komisi III Yakin Idham Azis Tak Bakal Salah Pilih Kabareskrim

Sabtu, 30 November 2019 – 12:50 WIB
Kapolri Idham Azis. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengingatkan semua pihak tidak mengintervensi Kapolri Jenderal Idham Azis dalam pemilihan Kabareskrim Polri.

Bendahara umum Partai NasDem itu meminta publik tidak melempar tudingan miring kepada Idham, yang sejauh ini belum memutuskan siapa sosok yang akan diangkat sebagai orang nomor satu di badan berlambang busur panah itu. 

BACA JUGA: Jenderal Idham Azis Janji Kejar Orang yang Menyiram Novel Baswedan

"Itu hak penuh Kapolri untuk memilih Kabareskrim," kata Sahroni, Sabtu (30/11).

Dia berpendapat, belum diumumkannya Kabareskrim hingga saat ini merupakan bagian dari proses seleksi yang dilakukan Idham untuk mencari sosok yang dipercaya memimpin penegakan hukum di Korps Bhayangkara.

BACA JUGA: DPR Ingatkan Komitmen Jenderal Idham Azis Menuntaskan Kasus Novel

Menurutnya, Bareskrim merupakan fungsi strategis yang menjadi gambaran citra Polri karena bersentuhan secara langsung dengan masyarakat terkait penegakan hukum. “Kabareskrim merupakan jabatan strategis di tubuh Polri terkait penegakan hukum," ujarnya. 

Karena itu, Sahroni menilai wajar jika Kapolri memilah sosok terbaik dan berkualitas yang akan membantunya memimpin fungsi penegakan hukum tersebut. Ia meyakini penentuan sosok Kabareskrim bukan sebagai bentuk berbagi kekuasaan di tubuh Polri.

BACA JUGA: Temui Ketua KPK, Jenderal Idham Azis Kembali Janji Ungkap Kasus Novel Baswedan

“Saya meyakini saat ini sedang dalam proses pemilahan. Kapolri Jenderal Idham Azis tidak akan salah memilih asistennya," ujar Sahroni.

Legislator dari daerah pemilihan DKI Jakarta III itu menegaskan mendukung apa pun keputusan Kapolri soal Kabareskrim Polri nantinya. "Saya selaku wakil ketua Komisi III mendukung Kapolri. Siapa pun yang terpilih menjadi asisten Kapolri sebagai Kabareskrim itu adalah yang terbaik untuk Polri,” pungkasnya. (boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler