Wako Tomohon Mungkin Hanya Menjabat Dua Hari

Rabu, 05 Januari 2011 – 17:40 WIB
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) telah memastikan pasangan Jefferson Rumajar-Jimmy Eman akan dilantik Jumat (7/1) depanPelantikan wali kota dan wakil wali kota terpilih Tomohon itu, disebut akan dilangsungkan di gedung baru Kemdagri di Jakarta.

Epe - sapaan akrab Jefferson - merupakan tahanan titipan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang, atas kasus korupsi APBD 2006-2008 senilai Rp 33,40 miliar

BACA JUGA: JK Bela Yusril dari Jeratan Jaksa

Saat ini, ia sedang menjalani persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Tipikor, Jakarta Pusat
Setelah pembacaan dakwaan Senin (3/1) lalu, Senin (10/1) depan, agenda sidang yang direncanakan adalah pembacaan eksepsi Epe.

Karena statusnya itu, kemungkinan Epe tak akan lama menjadi pemimpin Tomohon

BACA JUGA: Polisi Didesak Periksa Denny Indrayana

Hal itu terutama tergantung dari Gubernur, yang dapat mengusulkan pemberhentian sementara terhadapnya ke Kemdagri.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemdagri, Reydonnyzar Moenek mengatakan, Gubernur (Sulut) dapat mengusulkannya setelah pelantikan
"Setelah mengucapkan sumpah dan janji dalam sidang istimewa yang dihadiri anggota DPRD Tomohon, dia (Epe, Red) resmi jadi Walikota (Tomohon)," paparnya.

Selanjutnya kata Reydonnyzar, sehari setelah dilantik, Gubernur dapat segera memasukkan usulan pemberhentian sementara kepada Mendagri

BACA JUGA: KPK Tunggu Jawaban PSSI

Dikatakannya, yang dimasukkan ke Kemdagri itu adalah laporan pelantikan, register perkara Epe di pengadilan, dan usulan pemberhentian sementara"Prosesnya tidak lamaBila berkasnya lengkap, (dalam) dua hari SK pemberhentian sudah keluar," ujarnya.

Tentang pemberhentian Epe tersebut, Asisten I Pemprov Sulut, Arnol Poli mengatakan, Gubernur memang bisa saja segera mengusulkan pemberhentian Epe setelah pelantikan"Ada kemungkinan juga segera diusulkan setelah dilantik," kata Poli(sto/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Curigai Petinggi Polri Terlibat Pelesiran Gayus


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler