Wali Kota Bobby Berkurban 10 Lembu, Beratnya Bukan Kaleng-Kaleng

Senin, 11 Juli 2022 – 00:33 WIB
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi beserta Wali Kota Medan Bobby Nasution menyaksikan penyembelihan seekor lembu kurban di Medan, Ahad (10/7/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

jpnn.com, MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution beserta keluarga mengurbankan sepuluh ekor lembu yang dibagikan kepada masyarakat setempat pada perayaan Iduladha 2022.

"Ada sepuluh ekor lembu yang saya kurbankan, dan kami bagikan ke seluruh kecamatan di Kota Medan," ucap Bobby di Lapangan Gajah Mada, Medan, Minggu (10/7).

BACA JUGA: Anak Kiai Jombang di Rutan Medaeng, Semoga Nasibnya tak seperti Hendra Medan, Ngeri

Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sepuluh ekor lembu yang disembelih itu merupakan hewan kurban dibeli pakai uang pribadi.

Adapun berat masing-masing lembu itu lebih dari setengah ton atau 500 kilogram.

BACA JUGA: Saat Jokowi Tertawa Melihat Menantunya Bobby Memegang Sekop Mengangkat Semen, Lihat

"Esensi Iduladha adalah berbagi. Maka siapa saja yang diberi kemampuan untuk berbagi, momentum ini mengajarkan kami indahnya berbagi untuk meraih takwa," ujar dia.

Bobby menuturkan pada Lebaran Haji tahun ini, Pemkot Medan menyembelih 89 ekor lembu milik para ASN.

BACA JUGA: Kopassus Sembelih Sapi dan Kambing, Dagingnya Dibagikan ke Ponpes, Mantap

"Semoga keikhlasan kami untuk berbagi, bisa diterapkan selalu dalam kehidupan sehari-hari," tutur Bobby.

Khatib salat Id di Lapangan Gajah Mada, Ilyas Halim mengatakan Iduladha mengingat akan dua peristiwa akbar, yakni berkumpulnya umat Islam di Padang Arafah, Arab Saudi pada 9 Zulhijah.

Kemudian para jemaah haji berkumpul di Mina untuk menyelesaikan manasik haji dengan melontar jumrah yang mengingatkan akan peristiwa Nabi Ibrahim AS mengorbankan putra tercinta.

"Dari kedua peristiwa ini bisa diambil pelajaran arti pentingnya sahabat, saling menolong, berbagi nasehat dan melupakan perbedaan status menjadi satu tujuan memperoleh rida Allah SWT," tuturnya.

"Demikian juga ibadah kurban. Secara vertikal pelaksanaannya semata-mata mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tapi secara horizontal pembagian daging ke sesama manusia menunjukkan adanya kepedulian," tambah Ilyas. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jokowi Ungkap Makna Iduladha bukan Sekadar Berkurban Hewan


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler