Wali Kota Mengeluhkan Anggaran, Bagaimana Nasib Guru Honorer Lulus PG?

Selasa, 19 Juli 2022 – 21:10 WIB
Wali Kota Tanjungpinang Rahma dan Wali Kota Medan Bobby Nasution. ANTARA/Ogen

jpnn.com, TANJUNGPINANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) masih mencari solusi untuk 118 guru honorer lulus passing grade pada seleksi PPPK 2021.

Wali Kota Tanjungpinang Rahma menyebut tenaga guru honorer sangat dibutuhkan di daerahnya, tetapi untuk mengangkat ratusan guru honorer itu butuh anggaran besar.

BACA JUGA: Cermati Langkah Kapolri Menonaktifkan Irjen Ferdy Sambo, Suparji Lalu Berkata

"Dari 118 ini sekitar Rp 8 miliar per tahun yang akan disiapkan pemerintah," kata Bu Rahma di Tanjungpinang pada Selasa (19.7).

"Sementara, kemampuan anggaran pemkot sangat terbatas," sambungnya.

BACA JUGA: Pak Kapolri, Kombes Budhi dan Brigjen Hendra Layak Dinonaktifkan

Dia mengatakan di sejumlah kota lain, kepala daerah enggan melantik guru PPPK atau P3K karena keterbatasan anggaran, sedangkan Pemkot Tanjungpinang sendiri sudah dua kali melakukan pengangkatan.

Untuk itu, dia meminta kepada 118 guru honorer tersebut agar bisa bersabar.

BACA JUGA: Seleksi PPPK 2022, Prof Nunuk Bicara Prioritas, Guru Perlu Tahu

Sebab, katanya, tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Pemkot Tanjungpinang dan stakeholder terkait akan duduk bersama mencari solusi terkait masalah anggaran.

"Insyaallah selambat-lambatnya, sebelum September 2023 sudah ada keputusan," ucap Rahma.

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tanjungpinang Tamrin Dahlan menyebut pada 2022 ini Kemendikbudristek kembali membuka seleksi PPPK untuk guru honorer.

"Tahun ini ada peluang 118 guru honorer yang lulus passing grade itu diangkat sebagai PPPK melalui seleksi tahap 2022," ujar Thamrin.

Walakin, pengangkatan tersebut tentunya tergantung wali kota Tanjungpinang selaku pemangku kepentingan dalam pengambil kebijakan terutama ketersediaan anggaran daerah. (ant/fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler