Wamen LHK Tinjau Perkembangan Program RHL di Kalsel

Kamis, 11 Maret 2021 – 21:30 WIB
Wamen LHK Alue Dohong saat kunjungan kerja ke Kalsel, Rabu (10/3). Foto: humas KLHK

jpnn.com, MARTAPURA - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) Alue Dohong meninjau perkembangan sejumlah program rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) di sela-sela kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (10/3).

Wamen Alue mengunjungi lokasi RHL Tahun 2019 di wilayah kerja BPDASHL Barito di Kabupaten Tanah Laut.

BACA JUGA: Menteri LHK: Indonesia Berpotensi Kerja Sama dengan Belanda dalam Agenda Adaptasi Iklim

Pada lokasi seluas 949 hektar tersebut, dibagi menjadi 4 blok dengan pola intensif, masing-masing 1.100 pohon, yang ditanami jenis karet, kemiri, jengkol, durian, dll.

Dia menekankan keberhasilan pemulihan lingkungan juga dipengaruhi oleh kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitarnya.

BACA JUGA: Sudah 14 Pemodal Jadi Tersangka, Kombes Sigit Masih Keluarkan Peringatan Keras

Salah satu contohnya yaitu pengelolaan lingkungan hidup di Pondok Pesantren Darul Hijrah Cindai Alus Martapura, Kabupaten Banjar.

Melalui bantuan dari KLHK, mulai tahun 2019 dibangun sarana MCK, Biodigester, dan IPAL domestik dengan kapasitas untuk 800 jiwa.

BACA JUGA: Rancangan Permen LHK Soal Pengaturan Perhunanan Sosial Ditargetkan Selesai April

Pada tahun 2020 KLHK melanjutkan pembangunan MCK dan IPAL domestik dengan kapasitas 800 jiwa lagi. Kemudian pembangunan ekoriparian sebagai upaya penataan lingkungan di sempadan sungai kawasan Pondok Pesantren Darul Hijrah.

Biogas yang dihasilkan oleh biodigester digunakan sebagai substitusi bahan bakar untuk memasak di Pondok Pesantren tersebut.

Wamen Alue Dohong mengatakan bantuan berupa IPAL dan ekoriparian ini sangat berguna, selain nilai estetika, juga menjamin pengolahan limbah, bahkan pemanfaatan biogas.

"Pesan saya, mari terus pelihara dan teruskan upaya kita untuk melestarikan lingkungan ini," kata Wamen Alue Dohong, usai meresmikan IPAL Domestik dan Ekoriparian di Pesantren Darul Hijrah, Kabupaten Banjar.

Pada kunjungannya tersebut, Wamen Alue Dohong didampingi oleh Dirjen PPKL MR. Karliansyah, Sesditjen PPKL Sigit Reliantoro, Sesditjen PDASHL Dyah Murtiningsih, Sekditjen PKTL Hanif Faisol Nurafiq, Tenaga Ahli Menteri Bidang Konflik Agraria dan Mediasi, dan pimpinan UPT KLHK di Kalsel.(*/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler