Wamenaker Afriansyah Apresiasi Inisiatif Perusahaan dalam Pendidikan & Pelatihan Vokasi

Rabu, 31 Juli 2024 – 21:33 WIB
Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor bersama Presiden Direktur PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia Lee Bongkyu saat melakukan opening ceremony Hyundai Academy Course 2024 di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (31/7). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, BEKASI - Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor mengapresiasi inisiatif PT Hyundai yang telah menyelenggarakan program Academy Course 2024.

Hal ini disampaikan Wamenaker Afriansyah saat bersama Presiden Direktur PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia Lee Bongkyu melakukan opening ceremony Hyundai Academy Course 2024 di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (31/7).

BACA JUGA: Wamenaker Imbau Stakeholder Ketenagakerjaan Harus Berinovasi, Ini Tujuannya

Program tersebut merupakan kelanjutan dari Hyundai Academy Course 2023.

Menurut Afriansyah, program ini telah menjadi contoh sukses bagi perusahaan-perusahaan lain agar lebih banyak terlibat dalam pendidikan dan pelatihan vokasi.

BACA JUGA: Dorong G20 Manfaatkan Teknologi, Menaker Ida Ingin Ciptakan Ketenagakerjaan yang Tangguh

“Perusahaan yang ikut dalam pendidikan dan pelatihan vokasi merupakan investasi yang sangat menguntungkan untuk perusahaan tersebut di masa mendatang,” kata Wamenaker Afriansyah.

Dia mengatakan para pelaku industri perlu bergandengan tangan dengan pelaksana program pendidikan dan pelatihan dalam menciptakan link and match yang dibutuhkan oleh kalangan industri.

BACA JUGA: Menaker Ida Fauziyah Sampaikan Kabar Baik tentang Kondisi Ketenagakerjaan di Indonesia

Keberadaan industri sebagai mitra, lanjut Wamenaker Afriansyah, dapat memberikan masukan atas kurang terampilnya tenaga pengajar pendidikan atau instruktur pelatihan, perkembangan peralatan yang digunakan di industri, bahkan soft skills apa saja yang dibutuhkan oleh industri.

“Saya ingin kita terus merapatkan barisan dalam rangka mewujudkan SDM Indonesia yang unggul,” ungkapnya.

Afriansyah menambahkan pada tahun 2023, Kemnaker telah menandatangani perjanjian kerja bersama (PKB) dengan PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia tentang kerja sama pengembangan sarana prasarana, program pelatihan, penyediaan instruktur dan tenaga ahli.

“Saya berharap kerja sama pelaksanaan Training of Trainers (ToT), penyusunan program pelatihan, sampai penyelenggaraan program pelatihan dapat terus dioptimalkan,” ujar Wamenaker Afriansyah. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler