Wanita Bekerja di Kantor Male Oriented Lebih Sering Stress

Jumat, 11 September 2015 – 09:30 WIB
FOTO: Glamour Heath

jpnn.com - INDIANA, AS – Wanita dianggap lebih sering stres ketimbang pria. Kesibukan di kantor, pekerjaan rumah tangga atau kehidupan percintaan bisa menjadi pemicu stres.

Namun kini ada juga salah satu penyebab stress pada wanita yakni wanita yang bekerja di bidang pekerjaan yang didominasi pria lebih mungkin untuk memiliki tingkat stres tinggi, menurut sebuah studi terbaru.

BACA JUGA: IPW Berharap Elit Polri Tidak Omong Doang

Para peneliti dari Indiana University Bloomington meneliti hormon stres sehari-hari di lebih dari 440 wanita Amerika yang bekerja di bidang pekerjaan yang didominasi pria seperti insinyur, pekerja konstruksi dan pelukis.

“Perempuan dalam pekerjaan didominasi laki-laki memiliki pola kortisol yang kurang sehat atau tidak terkontrol sepanjang hari,” kata peneliti Bianca Manago, seperti dilansir laman Glamour, Rabu (9/9).

BACA JUGA: BPPT Dorong Penguasaan Rancang Bangun Kapal Selam Nasional

Kortisol adalah hormon yang dikeluarkan oleh tubuh sebagai respons terhadap stres dan peningkatan kadar hormon ini bisa merusak fungsi tubuh Anda, termasuk kenaikkan berat badan dan menyebabkan efek yang lebih serius, seperti memengaruhi kesehatan jantung.

Jadi, mengapa bekerja di sekitar banyak pria menyebabkan begitu banyak stres? Menurut penelitian, seorang wanita mandiri yang bekerja dalam kelompok tertentu (seperti kelompok pria) bisa membuat wanita merasa terisolasi secara sosial dan tidak didukung. Mereka juga kemungkinan mengalami pelecehan seksual. Semua faktor ini bisa menyebabkan stres kronis.

BACA JUGA: MKD Akan Panggil Hary Tanoe?

Sementara banyak yang merasionalisasi stres sebagai hal yang normal dari pekerjaan. Stres yang konsisten meningkatkan tingkat kortisol Anda dan berpotensi menyebabkan masalah kesehatan seperti kecemasan, masalah tidur, berat badan dan penyakit jantung.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Politikus Demokrat Setuju Setnov dan Fadli Zon Dinonaktifkan jika...


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler