Wapres Ma'ruf Amin Berharap Program ATENSI Kemensos Bisa Mengentaskan Kemiskinan

Kamis, 18 Februari 2021 – 17:33 WIB
Wakil Presiden Ma'aruf Amin meresmikan Sentra Kreasi ATENSI Kemensos. (Foto : Humas Kemensos)

jpnn.com, BEKASI - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin meresmikan Sentra Kreasi Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) milik Kementerian Sosial RI di Balai Karya Pangudi Luhur Bekasi, Jawa Barat pada Kamis (18/2).

Sentra Kreasi ATENSI merupakan pusat pengembangan kewirausahaan dan vokasional serta media promosi hasil karya penerima manfaat dalam satu kawasan.

BACA JUGA: Begini Kalimat Pak Wapres Usai Disuntik Vaksin Covid-19, Dokter Wahono Sempat Grogi

Wapres mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) dalam mengembangkan dan memberdayakan eks pemulung dan tunawisma melalui berbagai program pelatihan.

Dia juga menyebutkan program ATENSI ini bisa menjadi salah satu program strategis untuk mengentaskan kemiskinan yang belum terjangkau pelayanan sosial dasar.

BACA JUGA: Apa Penyebab Kompol Yuni Purwanti Pesta Narkoba? Ini Analisis Bang Reza

Sentra Kreasi ATENSI sendiri memiliki berbagai kegiatan pemberdayaan seperti kuliner, pertanian hidroponik, peternakan ayam petelur, kerajinan tangan dan daur ulang sampah non organik menjadi barang bermanfaat bagi masyarakat.

"Serta pemberdayaan jasa layanan refleksi, salon kecantikan dan konveksi. Ini diharapkan bisa mengentaskan kemiskinan," kata Wapres Ma'ruf Amin dalam sambutannya pada peresmian Sentra Kreasi ATENSI tersebut.

BACA JUGA: AKP Andi Agusfian: RS Ditangkap di Kamar 07

Selain memberikan pelatihan, program ATENSI milik Kemensos juga memberikan akses pekerjaan bagi eks pemulung dan tunawisma.

Kiai Ma'ruf berharap program yang dijalankan oleh kementerian yang dipimpin Tri Rismaharini tersebut juga bisa dicontoh oleh perusahaan swasta maupun BUMN lainnya.

"Kesempatan kerja yang diberikan bagi eks pemulung dan tuna wisma di perusahaan-perusahaan BUMN selayaknya diikuti oleh perusahaan swasta dan perusahaan BUMN lainnya," harapnya.

Mantan ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat itu juga berharap, program yang dijalankan tersebut bisa memberikan manfaat kepada masyarakat secara langsung, terutama yang terdampak Pandemi Covid 19.

"Saya yakin melalui Program ATENSI ini, berbagai upaya yang dilakukan pemerintah bersama seluruh pihak yang terkait akan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara langsung. Termasuk mereka yang terdampak Covid-19 secara sosial dan ekonomi, dan juga untuk warga masyarakat yang termarginalkan atau terlantar pada umumnya," kata Ma'ruf Amin.(mcr8/jpnn)


Redaktur & Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler