Warga Blitar Nekat Bakar Rumah Orang Tua

Jumat, 10 Maret 2023 – 21:08 WIB
Pelaku pembakaran rumah orang tuanya di Blitar, Jawa Timur, dirawat petugas medis. ANTARA/ HO-Polres Blitar

jpnn.com, BLITAR - Subowo (41) nekat membakar rumah orang tuanya di Desa Sumberagung, Kecamatan Selorejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Pelaku kesal karena dimarahi orang tuanya, Sanio (84) setelah membakar sampah.

BACA JUGA: Anak Durhaka, Reza Bakar Rumah Hanya Gegara Ini

"Kasus ini berawal dari anak korban membakar sampah yang berada di belakang rumah, lalu dimarahi ibunya. Api kemudian bisa dipadamkan," kata Kasi Humas Polres Blitar Iptu Udjiyono, Jumat.

Namun, pelaku marah setelah diingatkan ibunya untuk tidak membakar sampah, kemudian pelaku masuk rumah sambil mengunci semua pintu rumah.

BACA JUGA: Kesal Tak Diberi Uang, Reza Nekat Bakar Rumah Orang Tua

Ibu pelaku lalu melihat ada asap mengepul di rumah, disertai dengan api yang cepat berkobar di bagian belakang ruang tamu tempat kamar pelaku.

Ibu pelaku, kata dia, lalu meminta bantuan warga untuk memadamkan api.

BACA JUGA: Pacar Mario Dandy Merokok Sambil Menyaksikan David Dianiaya

Warga kemudian berupaya membantu memadamkan api dengan alat seadanya sambil menunggu kedatangan tim pemadam kebakaran. Mereka sudah dihubungi dan langsung meluncur ke lokasi kejadian.

Setelah beberapa saat, dua unit mobil pemadam datang ke lokasi dan berupaya keras memadamkan api.

Setelah beberapa saat kemudian, api bisa dipadamkan. Pendinginan juga dilakukan dengan harapan bara api padam seluruhnya.

Sementara itu, sejumlah warga sempat mengetahui pelaku keluar dari rumah, melarikan diri ke kebun kopi belakang rumah.

Warga kemudian beramai-ramai mengamankannya. Namun, tidak sampai main hakim sendiri. Ada aparat yang juga ikut membantu proses pengamanan pelaku.

"Setelah membakar rumah, pelaku kabur dan melarikan diri ke kebun kopi belakang rumah. Ia bisa diamankan warga," ucap Udiyono.

Menurut keterangan keluarga, pelaku mempunyai riwayat ODGJ. yang bersangkutan juga sudah beberapa kali dirawat di rumah sakit jiwa.

Pelaku cukup lama mengidap gangguan jiwa, hingga belasan tahun. Saat ini, yang bersangkutan sedang berobat jalan, namun ada kejadian dengan membakar rumah.

Hingga kini, yang bersangkutan juga masih diamankan. Pihak keluarga berencana akan membawa ke Jombang untuk pengobatan. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bharada E Wawancara dengan Televisi, LPSK Cabut Perlindungan


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler