Warga Brazil Cemooh Costa Sebagai Pengkhianat

Jumat, 13 Juni 2014 – 14:52 WIB
Diego Costa saat berlatih. Foto: Getty Images

jpnn.com - KEKHAWATIRAN itu akhirnya terbukti.  Diego Costa harus menerima cemoohan dan teror dari warga Brasil saat dia mengikuti latihan tertutup bersama timnas Spanyol di Curitiba, kemarin.

Striker Atletico Madrid itu menjadi bahan olok-olok fans lokal. Mereka menganggap keputusan Costa membela Spanyol daripada Brasil adalah bentuk pengkhianatan.

BACA JUGA: City Ikat Kolarov Hingga Empat Tahun Lagi

Latihan itu sendiri sebetulnya berlangsung di ruangan tertutup. Namun, sekelompok fans Brasil bergerak menuju lantai atas gedung dan meneriakkan kata-kata buruk ke arah Costa. "Pengkhianat! Pengkhianat!" teriak mereka seperti dikutip Globo.

Costa mencoba untuk tidak memperdulikan kata-kata itu. Tapi, bagaimanapun juga, kata-kata itu tetap dia dengar. Meski memalingkan muka, pemain kelahiran Lagarto, Brasil, itu terlihat cemberut. Dia pun memilih bungkam saat wartawan setempat meminta tanggapannya.

BACA JUGA: Pukul Heat, Spurs Hanya Perlu Satu Victory Lagi buat Juara NBA

Meski menjadi pemain Spanyol, Costa sejatinya adalah warga Brasil asli. Dia lahir di kawasan timur Brasil yang dikenal memiliki ikatan kekerabatan yang kental.

Setelah diganjar paspor Spanyol, praktis Costa memiliki kewarganegaraan dobel. Untuk urusan sepak bola, Costa lantas memilih Spanyol. Padahal, pelatih Brasil Luiz Felipe Scolari sempat ingin memainkannya di level senior. Namun, dia kalah cepat dengan Del Bosque.

BACA JUGA: Del Bosque Sudah Tahu Eksperimen Van Gaal

"Saya tahu keputusan itu pasti karena uang. Seharusnya dia tidak memikirkan dirinya sendiri. Seharusnya dia memikirkan negaranya. Karena itu, kami ke sini untuk memprotes sikapnya yang sangat tidak bisa diterima," kata Reginaldo Araujo, salah seorang fans.

"Saya kira sudah jelas bahwa Costa adalah pengkhianat. Felipao (sapaan Scolari) sudah ingin memasukkannya ke tim. Tapi dia memilih ke Spanyol. Apa lagi sebutan yang pantas selain pengkhianat," kata Felipe da Silva, fans lainnya.

Bukan kali ini kecaman itu muncul. Saat mengambil keputusan itu April lalu, banyak pihak di Brasil yang menyayangkannya. Bahkan, ada sejumlah pihak meminta paspor Costa sebagai warga Brasil dicabut. Namun, kedua orang tua Costa mendukungnya. Mereka menganggap Costa sedang "bekerja". (aga/bas)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sampaoli Belum Putuskan Vidal Turun Hadapi Australia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler