Warga Negara AS Diminta Tinggalkan Yaman

Selasa, 06 Agustus 2013 – 21:15 WIB

jpnn.com - SANAA - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) memerintahkan pengosongan kantor kedutaan besar (kedubes) mereka di Sanaa, ibu kota Yaman. Seluruh staf non-essensial telah diperintahkan untuk meninggalkan negara di kawasan Timur Tengah itu.

Langkah ini diambil sebagai reaksi atas ancaman serangan dari kelompok Al-Qaeda. Sebelumnya, pemerintah AS juga telah memerintahkan penutupan 19 kantor perwakilannya di negara-negara Timur Tengah.

BACA JUGA: TNI Survey Jembatan Moke dan Kpodo di Kongo

Perintah evakuasi ini dituangkan dalam sebuah surat "travel warning" resmi. Alasan dikeluarkannya peringatan tersebut karena "potensi ancaman serangan teroris yang terus berkembang" di wilayah Yaman. Warga negara AS di Yaman juga diminta untuk segera keluar karena ancaman keamanan yang sangat tinggi.

"Saat ini organisasi teroris termasuk Al Qaeda terus aktif beroperasi di wilayah Yaman," demikian isi salah satu bagian travel warning tersebut seperti dikutip dari AP, Selasa (6/8).

BACA JUGA: Enam Orang Tewas Dibom di Filipina

Sementara itu seorang pejabat kementerian Yaman mengatakan bahwa hari ini sebuah pesawat drone AS berhasil membunuh 4 orang anggota Al-Qaeda di bagian timur negara tersebut. Pesawat tanpa awak tersebut meluncurkan rudal ke sebuah mobil berisi 4 anggota Al-Qaeda. Serangan ini diduga sebagai alasan sebenarnya dibalik perintah evakuasi kantor kedubes AS. (dil/jpnn)

BACA JUGA: Heli AS Jatuh

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cacat dari Pabrik, Ratusan Ribu BMW 5 Series Ditarik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler