Wasit Inggris Dapat Kesempatan

Jumat, 21 Mei 2010 – 11:35 WIB
Howard Webb di lapangan. Foto: Guardian.co.uk.

LONDON - Klub Inggris memang tidak ada yang sukses menembus final Liga Champions musim iniNamun, bukan berarti negeri Ratu Elizabeth sama sekali tidak punya wakil

BACA JUGA: Serba Sama di Bernabeu

Wasit brilian yang sudah pernah memimpin laga Euro 2008, Howard Webb, bakal memimpin duel antara Bayern Munchen versus Inter Milan Sabtu (22/5) besok.

"Kami menyerahkan tugas memimpin final Liga Champions kepada Howard Melton Webb, wasit 38 tahun asal Inggris," demikian pernyataan resmi UEFA soal penunjukan Webb
"Dia sudah aktif di UEFA sejak 2005 dan telah memimpin 47 laga resmi UEFA sepanjang karirnya," lanjut juru bicara UEFA tersebut.

Sejak menjadi wasit profesional, Webb memang belum pernah mendapat kehormatan memimpin final Liga Champions

BACA JUGA: Bentrok Dua Jenius, Berebut Catat Sejarah

Bukan karena kualitasnya yang dianggap kurang
Tapi, karena kebetulan selama lima tahun terakhir selalu ada tim Inggris yang menembus final.

Ya, pada 2005 ada Liverpool yang akhirnya merebut trofi

BACA JUGA: Pastikan David Villa Gabung FCB

Tahun berikutnya, Inggris diwakili Arsenal yang menyerah kepada BarcelonaPada 2007, giliran Manchester United yang ditekuk AC MilanMusim berikutnya lagi, malah dua slot final menjadi milik United dan ChelseaTerakhir, musim lalu, United menantang BarcelonaNah, musim ini adalah kesempatan emas Webb melakukan tugas mulia tersebut.

"Jika ditotal, Webb telah menangani 19 laga Liga Champions, enam di antaranya dilakukan musim iniSalah satunya adalah leg pertama perempat final antara Inter Milan melawan CSKA MoskowSo, untuk kualitas, rasanya tidak perlu dipertanyakan lagi," papar juru bicara tersebut.

Dibanding wasit-wasit lain yang pernah memimpin Liga Champions, catatan Webb terbilang bersihKeputusannya nyaris tidak pernah menimbulkan kontroversi atau keributanSebagai mantan opsir polisi, ketegasan dia di lapangan juga tidak perlu diragukan.

Awalnya, Webb khawatir bahwa penunjukan dia sebagai wasit final Liga Champions bakal terpengaruh oleh skandal rekaman yang mengguncang panitia pemenangan Inggris dalam bidding host Piala Dunia 2018Dalam rekaman yang terungkap itu, Ketua Tim Bidding Lord Triesman mempermalukan Inggris dengan melontarkan tuduhan palsu kepada Spanyol.

Padahal, Ketua Komisi Wasit UEFA diketuai oleh Angel Maria Villar Llona, seorang SpanyolLlona-lah yang punya kuasa menentukan pemimpin final Liga Champions"Kami memilih Webb karena rekor kepemimpinannya memang mengesankanDia sudah pernah memimpin laga turnamen antar negara juga, termasuk Euro 2008 dan kualifikasi PD 2010," tegas UEFA.

Dalam final di Madrid, Webb akan ditemani oleh dua asisten asal Inggris juga, yakni Michael Mullarkey dan Darren CannSementara ofisial keempat adalah Martin Atkinson, yang juga berasal dari Inggris(na)

BACA ARTIKEL LAINNYA... FCB Siapkan Formasi Baru untuk Fabregas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler