Waskita Selesaikan Pembangunan Ruas Tol Cimanggis-Cibitung

Rabu, 10 Juli 2024 – 14:20 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan penggunaan ruas Tol Cimanggis-Cibitung yang pembangunannya dilakukan oleh Waskita Karya. Foto: Waskita.

jpnn.com - BOGOR - Wakil Presiden Presiden Ma'ruf Amin meresmikan penggunaan Tol Cimanggis-Cibitung, di Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/7).

Peresmian menandai PT Waskita Karya (Persero) Tbk selesai membangun ruas tol sepanjang 26,18 kilometer tersebut.

BACA JUGA: Wapres Maruf Amin Resmikan Ruas Tol Cimanggis-Cibitung, Sebegini Tarifnya

Tol Cimanggis-Cibitung mulai dibangun Waskita pada Juni 2016 dengan total nilai investasi sebesar Rp 10,6 triliun.

"Keberadaan tol ini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Cimanggis ke Cibitung menjadi sekitar 30-45 menit. Dari sebelumnya satu sampai dua jam melalui jalan arteri,” ujar Ma’ruf Amin dalam sambutannya.

BACA JUGA: Rupiah Mulai Membaik, Rupanya Ini Penyebabnya

Menurutnya Tol Cimanggis-Cibitung merupakan salah satu Program Strategis Nasional (PSN). Maka, keberadaan tol ini diyakini akan mendorong efisiensi dan efektivitas kegiatan ekonomi di kawasan tersebut.

“Akan mendorong efisiensi dan efektivitas kegiatan ekonomi di kawasan ini. Nantinya akan menyumbang pembangunan ekonomi kawasan dan nasional,” ucapnya.

BACA JUGA: Wapres Membeberkan Penyebab Rupiah Melemah Terhadap Dolar AS

Sebelumnya, Tol Cimanggis-Cibitung sudah beroperasi sejak November 2020 untuk seksi satu, yakni dari Cimanggis ke Jatikarya.

Kini, seksi dua dari Jatikarya ke Cibitung juga sudah dapat dilewati.

Direktur Utama Waskita Karya Muhammad Hanugroho bersyukur pembangunan proyek ini bisa selesai tepat waktu.

Dia meyakini masyarakat dapat merasakan manfaat jalan tol tersebut, di antaranya memangkas waktu tempuh dari Depok dan Bogor menuju Cibitung.

"Dari Depok, Bogor dan sekitarnya menuju Cibitung melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek kurang lebih hanya memakan waktu 30 menit," ujar pria yang akrab disapa Oho ini.

Menurutnya manfaat Tol Cimanggis-Cibitung mengurangi kepadatan lalu lintas di Tol Lingkar Luar (JORR I) dan Tol Dalam Kota.

Kemudian memperlancar arus distribusi logistik dan menghubungkan kawasan industri di Bogor serta Bekasi.

Keberadaan tol itu diyakini pula turut meningkatkan daya saing daerah dan ekonomi di kawasan sekitar tol.

"Ke depannya, Waskita terus berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam menghadirkan karya-karya berkualitas baik, aman dan nyaman," katanya.

Tol Cimanggis-Cibitung terdiri dari dua seksi yakni, Seksi 1A Junction Cimanggis-Jatikarya dan Seksi 2A ruas Jatikarya-Nagrak. Keduanya ini telah beroperasi.

Tol itu menjadi akses penghubung lebih cepat dari wilayah Cibubur ke Tol Jagorawi sehingga hanya 10 menit.

Proyek tersebut makin menambah kapasitas jalan yang melintasi empat wilayah yaitu, Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Bekasi.

Setelah Tol Cimanggis-Cibitung beroperasi penuh, nantinya tersambung dengan jaringan Tol JORR 2 lain, seperti Tol Cengkareng-Kunciran, Kunciran-Serpong, Serpong-Cinere, Cinere-Jagorawi dan Cibitung-Cilincing.

Berikutnya, setelah jaringan Tol JORR 2 semua terhubung, bakal melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan JORR I.

Tol yang baru diresmikan juga akan tersambung dengan Tol Trans Jawa ruas Jakarta-Cikampek.

Lalu menjadi salah satu solusi mengurangi kepadatan lalu lintas dari ruas Tol Cikampek yang menuju Jakarta atau ke wilayah Bogor. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengamat Birokrasi Apresiasi Kehadiran dan Atensi Intensif Wapres ke Papua


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler