Waspada, 5 Hal Ini Bisa Meningkatkan Kadar Kolesterol Anda

Minggu, 09 Januari 2022 – 02:26 WIB
Pasien saat dites kolesterol. Foto: Ilustrasi

jpnn.com, JAKARTA - KOLESTEROL merupakan salah satu lemak yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Kolesterol terbagi dua, ada kolesterol baik dan ada kolesterol jahat.

BACA JUGA: 3 Hal Ini Tanpa Anda Sadari Bisa Meningkatkan Kadar Kolesterol

Anda harus selalu menjaga kadar kolesterol tetap stabil, karena jika meningkat tajam, bisa berbahaya untuk tubuh.

Hati adalah organ utama tubuh yang membuat kolesterol. Tubuh Anda membutuhkan kolesterol untuk melakukan banyak fungsi biologis, seperti membuat hormon (seperti estrogen atau testosteron) dan menyediakan struktur untuk sel.

BACA JUGA: Rutin Konsumsi 7 Makanan Ini, Selamat Tinggal Kolesterol Tinggi

Faktanya, hati Anda membuat sebagian besar kolesterol yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Kadar kolesterol yang meningkat tajam juga bisa dipengaruhi oleh faktor luar, termasuk pola makan dan faktor gaya hidup tertentu.

BACA JUGA: 3 Obat Ini Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol Anda yang Tinggi

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Verywellhealth.

1. Mengonsumsi Makanan Tidak Sehat

Diet yang tinggi lemak jenuh, lemak trans atau gula halus bisa memengaruhi kadar kolesterol Anda dengan menyebabkan kadar kolesterol LDL (buruk) meningkat dan kadar kolesterol HDL (baik atau sehat) menurun.

The American Heart Association merekomendasikan hanya sekitar 5 sampai 6 persen dari kalori harian Anda harus berasal dari lemak jenuh.

Gula halus dan lemak trans yang dimasukkan ke dalam berbagai makanan, termasuk kue kering, kue kering, dan keripik harus dibatasi atau dihindari sama sekali.

2. Anda Memiliki Kondisi Medis Tertentu

Beberapa kondisi medis juga bisa memengaruhi kadar LDL, HDL, dan kolesterol total Anda, terutama jika kamu tidak mendapatkan perawatan yang memadai.

Kondisi ini termasuk diabetes, pradiabetes, resistensi insulin, atau sindrom metabolik, obesitas, hipotiroidisme, dan penyakit ginjal.

Dalam kebanyakan kasus, mengatasi kondisi medis yang mendasari ini akan membawa kadar kolesterol Anda kembali ke tingkat yang sehat.

3. Obat Anda Meningkatkan Kolesterol

Beberapa obat yang Anda konsumsi untuk kondisi medis lain juga bisa menyebabkan sedikit peningkatan kadar kolesterol LDL.

Ini termasuk obatan seperti diuretik thiazide, yang digunakan untuk menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh, pil KB, antidepresan, dan obat-obatan HIV tertentu.

Penyedia layanan kesehatan akan memantau profil lipid Anda jika kamu minum obat yang bisa memengaruhi kadar kolesterol kamu.

4. Anda Mengembangkan Beberapa Kebiasaan Buruk

Ada hal-hal lain yang mungkin Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari yang bisa menyebabkan kadar kolesterol kamu menjadi terlalu tinggi.

Faktor gaya hidup tertentu yang bisa menyabotase kadar kolesterol Anda termasuk tinggal atau bekerja di lingkungan stres tinggi, tidak cukup berolahraga, merokok, tidak cukup tidur.

Kebiasaan gaya hidup ini bisa menyebabkan kadar kolesterol LDL Anda meningkat sampai tingkat tertentu, dan dalam beberapa kasus juga menurunkan kolesterol HDL.

5. Ada Dalam Gen Anda

Peningkatan kolesterol LDL, penurunan kolesterol HDL atau kombinasi keduanya juga bisa diturunkan dari salah satu atau kedua orang tua Anda.

Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi atau penyakit kardiovaskular, kamu harus mengungkapkannya kepada penyedia layanan kesehatan.

Mereka secara berkala bisa memantau Anda untuk mendeteksi perubahan kadar kolesterol kamu, sehingga Anda bisa memulai pengobatan lebih awal dan mencegah efek kolesterol tinggi.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler