Waspada, 6 Makanan Sehat Ini Justru Bisa Menimbulkan Bau Badan yang Menyengat

Senin, 07 November 2022 – 05:09 WIB
Ilustrasi daging merah (ANTARA/Shutterstock)

jpnn.com, JAKARTA - APA yang Anda lakukan saat berada di dekat orang yang memiliki bau badan menyengat?

Tentu saja Anda segera menjauhinya. Namun, bagi pemiliki bau badan tersebut, hal ini bisa membuat rasa percaya dirinya langsung menurun.

BACA JUGA: Sagu, Bahan Makanan Sehat yang Paling Diincar Saat ini

Kabar baiknya adalah bahwa bau badan ini seringkali bersifat sementara dan tidak ada yang tidak bisa diatasi dengan semprotan deodoran, mint dan minum air dalam jumlah banyak.

Namun, jika Anda sadar untuk lebih dekat dan pribadi, kamu mungkin ingin menghindari makanan tertentu sebelum kencan atau acara yang menegangkan, karena stres mengeluarkan keringat yang bau.

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Gymspin.com.

BACA JUGA: Ladies, Atasi Bau Badan yang Bikin Pusing dengan 3 Bahan Alami Ini

1. Brassica

Jenis sayuran cruciferous tertentu, seperti brokoli, kembang kol, kubis dan kangkung (semua bagian dari keluarga mustard) bisa meningkatkan bau badan karena senyawa belerang yang dilepaskan selama pencernaan.

Dalam hal ini, Anda bisa mencoba makan dalam jumlah yang lebih kecil sebagai gantinya dan lebih banyak dengan butternut squash, terong, cukini dan ubi jalar sebagai gantinya.

2. Bawang putih dan bawang merah

BACA JUGA: Atasi Bau Badan dengan 5 Ramuan Alami Ini

Dua penyebab klasik bau keringat adalah makanan sehat seperti bawang putih dan bawang merah.

Bawang putih panggang memang enak, tetapi bisa sangat kuat.

Sebagai sumber potasium, folat, vitamin dan mineral yang baik, Anda benar-benar tidak ingin kehilangan allium dari diet kamu.

Jadi, makanlah sesuatu yang menetralkan, seperti setangkai peterseli atau mint, untuk melawan aroma bawang putih yang menyengat.

3. Alkohol

Sulit untuk menyembunyikan bau hangover, yang disebabkan ketika minuman keras bereaksi dengan bahan kimia lain di dalam tubuh untuk menghasilkan asetaldehida, efek samping yang berbau kuat.

Dehidrasi tidak membantu, terutama dengan bau mulut yang terkait, jadi kurangi konsumsi alkohol dan minum banyak air untuk membantu menetralisir bau kerutan di hidung.

4. Makanan laut

Jika Anda pernah mengalami bau amis setelah mengonsumsi makanan laut, kamu mungkin memiliki kondisi tertentu yang dikenal sebagai trimetilaminuria.

Ini karena tubuh Anda tidak bisa memecah trimetilamina, bahan kimia yang secara alami ada dalam organisme laut.

Untungnya, ini bukan kondisi yang sangat umum, tetapi jika benar-benar buruk, Anda mungkin harus berhenti makan kerang dan ikan sama sekali.

5. Cabai dan jinten

Rempah-rempah yang berbau menyengat cenderung muncul di keringat Anda, karena mengandung belerang yang bisa dikeluarkan melalui pori-pori kamu.

Kuliner ini sangat baik untuk kita dan bisa meningkatkan tingkat istirahat metabolisme dan membantu mengendalikan nafsu makan kita.

Jadi, jika Anda memasak dengan bahan-bahan ini, kurangi saja jumlahnya, daripada menghentikannya, jika Anda sadar akan efek sampingnya.

6. Daging merah

Daging merah lebih sulit dicerna, menciptakan lebih banyak asam lemak yang disukai bakteri permukaan.

Mengurangi baik untuk Anda dan planet ini, jadi coba menggantinya dengan alternatif nabati.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler