Waspada Peredaran Uang Palsu Selama Tahapan Pilkada

Senin, 30 September 2024 – 10:43 WIB
Kapolsek Pasir Penyu bersama anggota saat melakukan patroli malam mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas. ANTARA/HO-Polsek Pasir Penyu

jpnn.com, INDRAGIRI HULU - Antisipasi peredaran uang palsu selama tahapan Pilkada, petugas Polsek Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau, menggelar patroli.

Patroli pada Sabtu (28/9) malam dan Minggu (29/9) malam.

BACA JUGA: Uang Palsu Miliaran Ini Dicetak MN di Sumedang, Ada USD

Kapolsek Pasir Penyu Kompol Jufri mengatakan bahwa patroli tersebut guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Patroli bertujuan untuk mengantisipasi berbagai bentuk kejahatan. Bentuk kejahatan itu, antara lain, kekerasan dan pencurian kendaraan bermotor serta potensi penyebaran uang palsu yang sering kali menjadi alat dalam praktik politik uang," kata Jufri di Indragiri Hulu, Senin.

BACA JUGA: Bareskrim Ungkap Lokasi Percetakan Uang Palsu di Bekasi

Oleh sebab itu, pihaknya berupaya memastikan bahwa pelaksanaan pilkada berlangsung aman dan kondusif serta bebas dari praktik-praktik ilegal.

Patroli dilakukan di beberapa lokasi strategis seperti Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Kembang Harum dan Kelurahan Air Molek I.

BACA JUGA: Mahasiswi Unsoed Jadi Korban Eksploitasi Seksual

Patroli juga berfokus pada pengawasan kegiatan pemuda yang sering berkumpul dan mencegah balap liar serta penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang.

Kapolsek mengatakan bahwa pihaknya juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada dan melaporkan jika melihat hal-hal mencurigakan.

Patroli ini juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam Pilkada 2024 tanpa rasa takut.

Di samping itu, lanjut dia, kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan rutin yang ditingkatkan sebagaimana yang dicanangkan oleh Kepolisian Resor Inhu.

"Dengan adanya patroli ini, pelaksanaan pilkada dapat berlangsung dengan aman dan lancar serta mampu menekan potensi tindak pidana yang dapat mengganggu proses demokrasi," katanya.

Selama pelaksanaan kegiatan, kata dia, situasi di wilayah hukum Polsek Pasir Penyu terpantau aman dan terkendali. Hal ini menunjukkan efektivitas dari langkah pencegahan yang diambil oleh pihak kepolisian.

Melalui pendekatan yang proaktif, Polsek Pasir Penyu berkomitmen untuk menjaga stabilitas keamanan secara optimal dalam rangka menyongsong pesta demokrasi yang adil, demokratis, aman, damai, dan kondusif serta bermartabat. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 15 Orang Tersangka dari Penemuan Mayat di Kali Bekasi


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler