Waspada! Pernyataan Said Aqil Siradj Dipelintir

Kamis, 11 Januari 2018 – 07:15 WIB
Foto: Hoaks

jpnn.com, JAKARTA - Ada upaya provokasi lewat hoaks dengan memelintir pernyataan Ketua Umum PB NU KH Said Aqil Siradj.

Arahnya sudah jelas, yakni mengadu domba agar terjadi perpecahan di kalangan umat Islam.

BACA JUGA: Begini Cara Sederhana Tangkal Hoaks jelang Pilkada

Said Aqil: Banyak Orang Pulang Dari Arab Tambah Goblog, Jenggot Di Panjangin Pakai Gamis dan Jidat Hitam Padahal Otak Dongo.

Begitu judul artikel yang diunggah blog mancanegara-news.blogspot.co.id. Banyak netizen yang akhirnya termakan hasutan blog tersebut.

BACA JUGA: Beredar Informasi Lowongan 40 MC Asian Game, Oh Ternyata

Kalau ditelusuri, artikel blog itu mencuri berita dari tribunnews.com. Struktur kata dan kalimatnya di setiap paragraf persis.

Perbedaan hanya tampak pada paragraf ke delapan yang berisi kutipan langsung pernyataan Said Aqil.

BACA JUGA: Ya Ampun, Kapolri Jenderal Tito Diadu dengan Ulama

Versi Tribun, kutipan itu sebagai berikut. ’’Sekarang banyak orang pulang dari Arab enggak dapat ilmu, tapi jenggot dipanjangin, pakai gamis, jidat hitam,’’ ungkap Said.

Sementara itu, oleh blog mancanegara-news, kutipan tersebut diubah menjadi; ’’Sekarang banyak orang pulang dari Arab enggak dapat ilmu tapi jenggot dipanjangin, pakai gamis, jidat hitam padahal otak kosong.’’

Dalam berita yang dibuat Tribun, Said menyampaikan statemen itu di hadapan para TKI di Malaysia.

Dia mengingatkan agar para pekerja mencari ilmu yang banyak tanpa melupakan budaya bangsa sendiri.

Said juga menyinggung pengalamannya ketika belajar di Arab Saudi. Saat itu ada banyak ilmu dari Arab Saudi yang bisa dibawa dan bermanfaat di Indonesia.

Tetapi, kini Said menyayangkan karena yang dibawa banyak orang pulang dari Arab Saudi budayanya saja. Bukan ilmunya, misalnya tafsir, faqih, dan filsafat Islam.

Jawa Pos juga menghubungi jurnalis Tribun yang melakukan peliputan dan menulis berita tersebut, Adiatmaputra Fajar Pratama.

Menurut Fajar –panggilan Adiatmaputra–, saat itu Said Aqil diundang dalam rangka Pesta Rakyat WNI di Kuala Lumpur, Malaysia. Said diundang oleh Duta Besar RI untuk Malaysia Rusdi Kirana.

Namun, hoaks lebih cepat menyebar. Tidak sedikit di antara mereka yang termakan informasi tersebut dan menanggapi dengan emosional.

Ada komentar menyerang Said Aqil, ada pula yang menyukai pernyataan pelintiran itu. (gun/c4/fat)

Fakta

Artikel tentang pernyataan Said Aqil yang diunggah oleh blog Mancanegara-news adalah berita curian dari portal berita mainstream, kemudian dipelintir untuk memicu perpecahan.

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Yusril Bilang Rakyat Diberi Kata-kata Manis, Oh Ternyata


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler