Ya Ampun, Kapolri Jenderal Tito Diadu dengan Ulama

Senin, 08 Januari 2018 – 06:17 WIB
Foto: Hoaks

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian disasar hoaks yang disebarkan akun Instagram (IG) pejuangmanis (instagram.com/pejuangmanis).

Jenderal Tito Karnavian diadu dengan ulama. Hoaks tersebut dibuat dari screenshot gambar yang seolah-olah berasal dari pemberitaan media online.

BACA JUGA: Yusril Bilang Rakyat Diberi Kata-kata Manis, Oh Ternyata

”Tito: Insyaallah Kedepannya Publik Lebih Percaya Polri daripada Ulama!!” Begitulah judul screenshot yang dibagikan oleh akun IG pejuangmanis.

Di atas tulisan judul itu, terdapat keterangan Jumat, 5 Januari 2018.

BACA JUGA: Mulai 12 Februari! Calon Kada Bebas dari Proses Hukum

Lalu, di bawah judul terdapat foto Tito Karnavian dengan caption: ”Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam jumpa pers di Lobi Gedung Utama Mabes Polri, Jakarta, Jumat (3/1/2018). Ada ketidaksinkronan antara tanggal di atas judul dan caption foto.

Penelusuran Jawa Pos lewat Google, tidak ada satu pun media mainstream yang mengunggah tulisan seperti judul di atas.

BACA JUGA: Masyarakat Lapor Kehilangan Ayam, Polisi Kehilangan Kambing

Ketika pencarian dilakukan via Yahoo, ternyata ada satu blog yang menurunkan tulisan seperti judul di atas, yakni k0mpas-info.blogspot.co.id. Sudah beberapa kali Jawa Pos menemukan berita hoaks di blog tersebut.

Blog tersebut hanya menjalankan praktik click bait. Judul yang dibuat dan kontennya tidak memiliki keterkaitan sama sekali.

Isi tulisan itu sendiri berkaitan dengan statement Kapolri mengenai kepercayaan publik pada Polri yang cukup tinggi.

Hanya, di bagian atas diselipkan quote palsu dari Tito yang berbunyi, ”Kebanyakan Ulama Sekarang ini menghasut, Sementara Polri Mengamankan mereka-mereka yang terhasut, Lebih milih mana??”

Isi tulisan yang ditampilkan blog k0mpas-info ternyata mencuri dari portal berita Republika. Berita Republika tersebut dibuat ketika Tito menemui komisioner Ombudsman RI di Mabes Polri.

Sementara itu, foto yang digunakan oleh blog k0mpas-info dan screenshot yang dibagikan oleh akun IG pejuangmanis berasal dari portal berita Kompas.

Jawa Pos juga mengkroscek kepada para jurnalis yang meliput Kapolri saat menemui Ombudsman RI. Dari transkrip rekaman statement Kapolri, tidak ada ucapan Tito yang menyudutkan ulama seperti ditulis blog k0mpas-info dan akun IG pejuangmanis. (gun/idr/c6/oni)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kapolri: Negara Mampu Bayar Gak?


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler