Waspadai Penggembosan Partai Berbasis Islam

PKB Terus Cermati Upaya Deparpolisasi

Sabtu, 23 November 2013 – 00:11 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengingatkan kalangan partai politik terutama yang berbasis Islam untuk mengantisipasi gerakan deparpolisasi. Menurut Ketua DPP PKB, Marwan Ja'far, ada gerakan untuk menyudutkan parpol terutama menggiring opini bahwa partai berbasis Islam tak berkualitas.

Berbicara dalam seminar nasional bertajuk 'Prospek Politik Islam 2014' di Fakultas Ilmu Politik, UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Banten, Jumat (22/11), Marwan mengatakan, ada pihak yan tak ingin partai berbasis Islam bisa tumbuh besar. "Jadi ada upaya deparpolisasi dari pihak lain yang selalu mencitrakan parpol maupun parpol Islam itu tidak berkualitas," katanya.

BACA JUGA: Tolak RUU Advokat, Pengusul Akan Digugat

Hadir dalam acara itu antara lain Wakil Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Fahri Hamzah, Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Manoarfa dan  pengamat politik Fachri Ali. Hanya saja, Marwan tidak menyebut pihak-pihak yang ingin menggembosi partai berbasis Islam.

Meski demikian Marwan mengatakan, PKB sangat merasakan gejala penggembosan terhadap partai berbasis Islam itu. Terlebih, katanya menegaskan, PKB punya potensi menjadi partai berbasis Islam terbesar. "Pada Pemilu 1999, kita pernah masusk tiga besar. Jadi kita optmistis bisa mengulanginya," ujar Ketua Fraksi PKB di DPR itu.

BACA JUGA: Ajudan Jero Masih Bertatus Saksi Kasus Rudi

Karenanya dalam rangka menangkal deparpolisasi itu, Marwan juga mengajak kalangan pemuda dan mahasiswa untuk tidak bersikap golput pada Pemilu 2014. Terlebih, 2014 merupakan masa penting dalam transisi kepemimpnan nasional.

Marwan pun mengaharapkan pemuda dan mahasiswa bisa berperan aktif dalam menangkal politik traksaksional. "Parpol harus bergerak bersama generasi mudan dan mahasiswa dalam  melakukan pendidikan politik agar rakyat tidak hanyut terus menerus ke dalam politik transaksional," katanya.(jpnn)

BACA JUGA: TNI Asah Kemampuan Penanggulangan Teror di Laut

BACA ARTIKEL LAINNYA... Makin Yakin Kesaksian JK Bakal Seret Boediono


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler